Loading...

Cara Mengatasi Ads.txt pada Blog

Cara Mengatasi Ads.txt pada Blog dan Adsense
Belakangan ini sering saya lihat postingan di grup blogger facebook, forum dan lainnya banyak yang mengeluh karena pada akun Adsense mereka terdapat peringatan Ads.txt, padahal kode iklan adsense mereka tidak di pasang pada blog yang tidak berkaitan dengan Adsense mereka. Bahkan banyak juga yang medapatkan peringatan Ads.txt pada akun adsense fresh yang baru di approve.  Padahal akun baru tapi kok sudah dapat peringatan seperti itu?? Oke sebelum lanjut yuk kita kenali dulu apa itu Ads.txt.

Cara Mengatasi Ads.txt pada Blog

Ads.txt merupakan sebuah inisiatif yang di kembangkan oleh IAB  Tech Lab (Interactive Adveristing Bureau - Tech Lab) yang bertujuan untuk memerangi jenis iklan penipuan iklan terutama pada spoofing domain dan arbitrase invntaris yang tidak sah dan memberikan transparansi dalam industri yang tidak jelas.

Menurut yang saya baca, Ads.txt sendiri di rilis pada bulan mei 2017, di buatnya ads.txt ini agar membersihkan rantai pasokan periklanan online. Pada awalnya Ads.txt di tujukan pada blog yang berdomain TLD saja, namun pada tahun 2018 Ads.txt juga di resmikan untuk platform yang Blogspot.

Jika kita mendapatkan peringatan Ads.txt biasanya iklan pada blog kita akan berhenti tayang, tentu saja ini sangat tidak baik karena penghasilan adsense kita akan menurun bahkan tidak akan mendapatkan penghasilan. Maka dari itu jika Anda yang sedang mendapat masalah tentang peringatan Ads.txt ini, cepat lah perbaiki agar idak berakibat buruk pada pendapatan Adsense Anda.

Cara Mengatasi Ads.txt pada Blog
Langkah-langkah untuk memperbaiki peringatan Ads.txt pada Adsense

  • Login pada dashboard blog
  • Pilih Setelan
  • Pilih Prefensi penelusuran
  • di bagian paling bawah ada Fitur Monetisasi Ads.txt
  • Silahkan klik Edit > Pilih Ya > Lalu isikan kode Ads.txt > Simpan
Bagaimana Cara Mendapatkan Kode Ads.txt?

Contoh kode Ads.txt: google.com, pub-1234567899999999, DIRECT, f08c47fec0942fa0.

Kode di Atas merupakan contoh kode Ads.txt, namun tentu saja untuk mendapatkan kode Ads.txt harus sesuai dengan Blog dan Akun Adsense masing-masing. Cara mendapatkannya seperti di bawah ini.
  • Silahkan ketikan https://www.domainanda.com/ads.txt, dengan catatan sudah Login dengan blog Anda
  • Jika sudah maka Anda akan mendapatkan kode percis seperti di atas namun dengan id penayang Adsense Anda
  • Lalu Salin kode tersebut dan masukan pada Setelan Blogger yang sudah saya jelaskan di atas
Jika Sudah di aktifkan, peringatan Ads.txt idak akan langsung hilang karena biasanya Anda harus menunggu 24 jam atau lebih agar kode yang Anda masukan terdeteksi dan bisa menayangkan iklan lagi.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel