Loading...

5 Makanan Penyebab Asam Urat yang Wajib Anda Ketahui

Beberapa gejala penyakit asam urat adalah nyeri pada bagian persendian yang biasanya terasa pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Selain itu kaki yang mengalami nyeri persendian akan susah di gerakan bahkan menjadi kaku dan akan menimbulkan warna merah. Ada baiknya Anda menghindari makanan penyebab asam urat.

Penyebab meningkatnya kadar asam urat, yaitu pada saat ginjal tidak dapat menghilangkan asam urat secara normal. Hal ini dapat menghambat atau memperlambat penghapusan asam urat termasuk dari konsumsi makanan tertentu, seperti mengidap diabetes, mengkonsumsi alkohol secara berlebih dan kelebihan berat badan.

Banyak sekali faktor-faktor yang bisa memicu penyakit asam urat, salah satunya dari faktor makanan. Pola makan yang tidak terjaga dapat menyebabkan meningkatnya kadar asam urat, terlebih ada beberapa makanan yang bisa meemicu penyakit asam urat. Makanan apa saja itu? Simak di bawah ini.

Baca juga: 5 Makanan Penyebab Diabetes yang Wajib Anda Hindari

5 Makanan Penyebab Asam Urat yang Wajib Anda Ketahui

Makanan Penyebab Meningkatnya Asam Urat

1. Makanan Seafood atau Laut

Beberapa jenis ikan laut yang biasanya banyak di konsumsi seperti ikan teri, cumi-cumi, ikan tuna, ikan sarden, kepiting, tiram, kerang, lobster, udang dan ikan makarel dapat memicu meningkatnya kadar asam urat, karena ikan-ikan tersebut mengandung kadar purin yang tinggi.

2. Berbagai Jeroan Hewan Konsumsi

Pasti kita sering mengkonsumsi ini kan, jeroan seperti hati ayam, ampela, usus dan yang lainnya dari hewan karena rasanya yang enak dan bisa di olah menjadi berbagai masakan. Tapi taukah Anda bahwa jeroan dapat menyebabkan asam urat loh, kandungan purin yang sangat tinggi jika Anda sering mengkonsumsi jeroan maka akan beresiko terkena penyakit asam urat.

3. Kacang-kacangan

Jika Anda sering mengkonsumsi kacang-kacangan, sebaiknya kurangi dari sekarang. Karena kacang-kacangan juga mengandung purin yang dapat menyebabkan asam urat.

4. Yoghurt, Keju dan Es krim

Makanan tersebut merupakan makanan yang biasanya paling banyak di gemari terutama oleh anak-anak. Namun taukah Anda bahwa makanan tersebut dapat menyebabkan asam urat.

5. Daging Sapi, domba dan lainnya

Siapa sih yang tidak menyukai daging-daging tersebut, selain bisa di olah menjadi berbagai masakan yang beraneka ragam, juga memiliki rasa yang sangat nikmat. Tapi taukah anda bahwa daging sapi, domba dan hewan yang berkaki empat yang bisa di konsumsi lainnya dapat meningkatkan kadar asam urat. Jadi jangan berlebihan untuk mengkonsumsi makanan ini agar terhindar dari penyakit asam urat.

Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Jadi mari kita sama-sama kurangi mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan penyakit asam urat. Konsumsi makanan yang banyak nutrisi atau Vitamin sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan agar dapat menjaga kesehatan tubuh yang lebih baik
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel