Loading...

Sudah Ada Sejak Jaman Belanda, Inilah Asal Usul Lomba Panjat Pinang

Memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia selalu di meriahkan oleh perlombaan-perlombaan yang serentak di gelar di seluruh daerah. Banyak sekali aneka perlombaan yang identik dengan 17 Agustus, seperti Panjat pinang, Balap Karung, Tarik tambang dan makan kerupuk menjadi lomba yang rutin di adakan setahun sekali pada saat Memperingati Kemerdekaan Indonesia (17 Agustus).

Nah jika berbicara tentang lomba 17 Agustus, ada satu perlombaan yang sangat menantang, yaitu Lomba Panjat Pinang, dan ternyata perlombaan tersebut memiliki asal-usul dan makna yang mungkin kita belum ketahui. Penasaran seperti apa? Berikut di bawah ini ulasannya.

1. Lomba Panjat Pinang

Sudah Ada Sejak Jaman Belanda, Inilah Asal Usul Lomba Panjat Pinang

Lomba Panjat Pinang merupakan perlombaan yang cukup menantang, dimana perlombaan tersebut harus memanjat pinang yang di lumuri dengan pelicin, jadi sangat susah untuk bisa memanjat sampai kepuncak.

Di atas puncak tersebut sudah di sediakan hadiah-hadiah yang menarik, yang di gantungkan pada bambu yang di bentuk bulat seperti roda.

Permainan Panjat Pinang ini peserta di haruskan untuk mencpai hadiah dimana harus bekerja sama dengan tim agar bisa sampai ke puncak tiang. Tidak mudah untuk mmencapai puncak tiang karena tiang pinang tersebut sangat licin.

Asal-usul Lomba Panjat Pinang

Ternyata lomba Panjat pinang ini berasal dari petingtgi belanda. Pada saat itu Belanda sering mengadakan pesta mereka menaruh hadiah di atas pohon pinang, dan saat itu rakyat Indonesia berebuatan memanjatnya untuk atraksi.

Seiring berjalannya waktu Perlombaan panjat pinang menjadi acara tahunan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel