Loading...

Belum Diketahui, Ternyata Kapulaga Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Rempah-rempah di Indonesia sangat beragam jenisnya, selain itu khasiatnyapun sangat bermacam-macam. Pada umumnya jenis rempah di gunakan untuk bumbu masakan dan obat herbal, termasuk rempah-rempah yang satu ini yaitu Buah Kapulaga. Bukan hanya sekedar bumbu dapur, tearnyata Kapulaga memiliki banyak khasiat untuk di gunakan sebagai obat herbal dari sejak jaman dulu. Minyak, biji dan ekstraknya ternyata di yakini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kapulaga merupakan jenis rempah yang di hasilkan dari biji tanaman genera (genus) Elettaria dan Amomun. Selain itu Kapulaga juga termasuk rempah yang berjenis jahe-jahean atau Zingiberaceae. Untuk jenis Kapulaga yang banyak di temukan di Indonesia adalah kapulaga Jawa dan Kapulaga Sabrang atau Kapulaga India. Kapulaga Jawa memiliki warna merah dan untuk Kapulaga India memiliki warna hijau yang mempunyai serat dan berbentuk lonjong.

Sama seperti jahe-jahean lainnya, selain di jadikan rempah untuk penyedap rasa, buah kapulaga juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Penasaran apa saja manfaat kapulaga untuk kesehatan. Berikut adalah Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui.


Manfaat Buah Kapulaga Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Mengobati Batuk dan Pilek
Kapulaga ternyata bisa di jadikan sebagai obat batuk dan pilek. Kapulaga memberikan efek hangat dan bisa mencairkan dahak. Selain itu efek hangat dari kapulaga juga sangat bermanfaat pada saat tubuh sedang merasa dingin.

Mengobati Gangguan Pernapasan
Manfaat lainnya dari kapulaga ialah untuk mengobati gangguan pernapasan seperti asma. Sebuah studi menunjukan bahwa exkstak kapulaga mentah bisa bermanfaat untuk membuka saluran udara dalam tubuh juga sangat efektif untuk menciptakan relaksasi pada jaringan trakea.

Meningkatkan Sirkulasi Darah
kandungan minyak atsiri yang ada di kapulaga ternyata di bagus untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Hal ini di gunakan dalam berbagai terapi seperti bronkitis untuk meningkatkan sirkulasi darah ke paru-paru.

Meningkatkan Gairah
Kandungan senyawa dalam kapulaga juga memiliki sifat afrodisiak sehinga mampu untuk meningkatkan gairah. Selain itu Kapulaga juga dipercaya sebagai obat untuk mengatasi masalah pria.

Mengatasi Sakit Tenggorokan
Kapulaga juga bermanfaat untuk obat kumur, dengan cara mencampurkannya dengan kayu manis kemudian rebus, air rebusan tersebut bisa digunakan untuk obat kumur yang di percaya untuk megatasi sakit tenggorokan.

Itulah Manfaat Buah Kapulaga yang Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh, sebenarnya masih banyak manfaat lain dari kapulaga, namun akan saya tulis di postingan berikutnya.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel