Loading...

Wow, Robot Mirip Cacing ini Diciptakan untuk Mengobati Stroke

Stroke merupakan penyakit mematikan yang bisa mengakibatkan kelumpuhan yang berkepanjangan dan bahkan sampai kematian, 15% angka kematian di Indonesia terjadi akibat penyakit stroke. Ada tiga jenis kondisi yang termasuk dalam penyakit stroke, yaitu stroke ringan, Stroke Iskemik dan Hemoragik.

Penyakit stroke sangat beresiko bagi penderita diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas dan kolesterol tinggi. Selain itu risiko terkena penyakit strok juga bisa karena mengkonsumsi minuman beralkohol, rorok dan kurangnya aktivitas olahraga.

Pengobatan stroke sendiri bermacam-maacam, seperti salah satunya tindakan operasi, namun tergantung kondisi yang dialami penderita stroke tersebut.Sedangkan untuk pemulihan, pasien di ajnurkan untuk mengikuti Fsioterapi.


Robot Mirip Cacing yang di Ciptakan Untuk Mengobati Stroke

Dilansir dari www.dailymail.co.uk. Para ilmuwan di Massachusetts Institute of Technology di Boston mengembangkan Robot Mirip Cacing, yang mempunyai panjang beberapa sentimeter.

Robot yang dapat mengobati stroke ini terbuat dari campuran fleksibel nikel dan titanium dan dilapisi dengan hidrogel pelumas yang membantu untuk menyelinap melalui tabung ketat tanpa merusak jaringan.

Diciptakannya robot kecil ini untuk mengobati pasien stroke dengan membersihkan penyumbatan pembuluh darah dan memberikan obat langsung ke otak, sehingga dapat membantu mengurangi risiko penderita stroke semakin parah.

Kabel selebar 0,5mm digerakan dengan medan magnet dan dapat dikontrol menggunakan komputer.

Pengobatan ini masih dalam tahap uji coba dan belum diuji pada manusia yang mempunyai penyakit stroke, tetapi telah di uji pada alat yang mirip dengan otak manusia dan membuktikan fungsinya pada rintangan bahan uji coba tersebut.

Para Ilmuan tersebut berharap agar suatu hari nanti alat ini bisa digunakan untuk mengobati orang yang menderita penyumbatan di otak dan memaksimalkan agar penderita bisa sembuh.

Lihat juga:



Alat ini dapat mempersingkat waktu bagi dokter agar cepat membersihkan penyumbatan di otak pada penderita stroke, sehingga semakin cepat pasien stroke mendapatkan pengobatan maka semakin besar peluang mereka untuk bertahan hidup.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel