Loading...

Ngeri, Inilah 7 Bencana Alam Paling Mematikan di Dunia Sepanjang Sejarah

Bencana alam merupakan sebuah kejadian alam yang sangat mengerikan. Disebut mengerikan karena bencana alam yang terjadi bisa memporak porandakan bangunan baik itu rumah, gedung dan infrastruktur lainnya. Bahkan yang lebih mengerikan lagi adalah memakan banyak korban jiwa.

Ngeri, Inilah 7 Bencana Alam Paling Mematikan di Dunia Sepanjang Sejarah, tsunami, gempa, angin topan
Bencana paling mengerikan di dunia

Banyak sekali bencana-bencana alam yang sering terjadi di dunia, bahkan sering terjadi juga di Indonesia. Seperti, tsunami, gempa bumi, banjir, dan lainnya. Biasanya bencana alam terjadi secara tiba-tiba tanpa pertanda apapun, tetapi ada juga yang di tandai dengan hal yang aneh di muka bumi sebelum terjadinya bencana alam tersebut.

7 Bencana Alam Paing Mengerikan dan Mematikan Sepanjang Sejarah


Terjadinya bencana alam merupakan peristiwa yang paling ditakuti oleh semua manusia, tertutama bencana alam besar yang sering merenggut banyak korban jiwa. Seperti 7 bencana alam paling mengerikan ini, yang dimana bencana tersebut merupakan bencana alam paling mengerikan yang pernah terjadi sepanjang sejarah.

1. Gempa Haiyuan 1920

Gempa Haiyuan 1920

Gempa bumi dengan guncangan 8,5 ritcher yang terjadi pada tahun 1920 di Haiyuan merupakan bencana alam paling mengerikan. Gempa tersebut menghancurkan kota-kota besar seperti Taiyuan, Lanzhou Xining dan Xi'an dan banyak merenggut korban jiwa sebanyak lebih dari 30 ribu orang.

2. Gempa Antiokhia

Gempa Antiokhia

Gempa Antiokhia merupakan gempa bumi paling besar dengan guncangan 7,5 skala ritcher yang terjdi pada tahun 526 di Suriah dan Antiokhia dan memakan banyak korban jiwa sebanyak lebih dari 250.000 orang.

3. Gempa dan Tsunami Samudera Hindia 2004

Gempa dan Tsunami Samudera Hindia 2004

Pada tahun 2004 Samudrera Hindia diguncang dengan bencana alam yang sangat hebat, yaitu gempa bumi dan disusul denga tsunami. Gempa bumi yang terjadi sangat besar dengan guncangan 9-9,3 skala ritcher dan menghancurkan tanah di 14 negara, yang paling parah terkena dampaknya adalah Indonesia, Sri lanka dan India. Sehingga, bencana alam yang satu ini merupakan bencana paling mematikan dalam sejarah manusia.

4. Topan Bhola, Bangladesh 1970


Bencana alam angin topan yang pernah terjadi di Bangladesh ini merupakan angin topan yang sangat besar yang terbentuk di teluk bengal yang bergerak ke arah utara dan menewaskan lebih dari 500.000 orang. Angin topan ini memiliki kecepatan 185km/jam dan terjadi pada 12 November 1970.

5. Banjir Cina 1931

Banjir Cina 1931

Banjir terparah dan mematikan di Cina terjadi karena sungai Huang He meluap pada tahun 1931. Akibat bencana alam ini lebih dari 1-4 juta jiwa menjadi korban dan menghanyutkan banyak kota di Cina.

6. Tsunami Aceh 2004


Tsunami aceh merupakan bencana alam yang termasuk yang paling mematikan di dunia yang terjadi pada 26 Desember 2004. Bencana alam ini di awali dengan guncangan gempa bumi yang sangat besar, yaitu 9-9,3 SR. Akibat bencana alam tersebut menewaskan lebih dari 225 ribu jiwa.

7. Topan Nargis, Myanmar 2008


Angin topan yang terjadi pada 2 Mei 2008 terjadi di wilayah Nargis merupakan bencana alam paling mematikan sepanjang sejarah, karena dampak dari bencana tersebut banyak menewaskan korban jiwa lebih dari 140.000 orang.

Lihat juga:


Bencana alam adalah salah satu peristiwa yang bisa terjadi kapan saja dan sering kali tidak bisa diprediksi, sehingga kita harus tetap waspada dan berhati-hati.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel