Loading...

Manfaat Cabai Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Ketahui

Cabai merupakan tanaman dari genus capsicum, yang merupakan anggota keluarga nightshade, Solanaceae. Cabai sendiri berasal dari Amerika Selatan, namun sekarang tumbuh di seluruh dunia karena digunakan sebagai rempah-rempah atau sebagai obat.

Banyak sekali kandungan yang terdapat pada cabai yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah Vitamin C, B1, betakaroen, mineral, fosfor, protein, zat besi, kalium dan karbohidran. Sedangkan rasa pedas pada cabai berasal dari zat Capsaicin.

Cabai biasanya di gunakan untuk menambah rasa pada manakan. Akan tetapi cabai juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, karena memiliki banyak kandungan yang mampu mendukung dan menjaga kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya? yuk simak di bawah ini.

Manfaat Cabai Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Cabai Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Saluran Pencernaan

Cabai memiliki sejumlah antioksidan dan bahan kimia lainnya yang membantu masalah pencernaan seperti, menyembuhkan sakit perut, menyembuhkan diare dan bertindak sebagai obat alami untuk kram.

Menambah Metabolisme Tubuh

Capsaicin adalah senyawa yang menghasilkan rasa pedas pada cabe. Ini adalah senyawa alkaloid yang ditemukan terutama di dalam biji dan vena lada, dan merupakan sumber kesehatan yang sangat baik, termasuk meningkatkan tingkat metabolisme tubuh dan dapat membakar lebih banyak kalori. Selain itu Cabai juga dapat mempertahankan berat badan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan capsaicin tidak hanya baik untuk metabolisme tubuh, tetapi juga untuk kesehatan jantung. Senyawa ini dapat mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida sekaligus mengurangi risiko pembentukan bekuan darah. Mengurangi faktor-faktor risiko ini dalam sistem kardiovaskular Anda berarti menurunkan risiko menderita serangan jantung, stroke, atau gumpalan darah.

Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan tinggi dan capsaicin pada cabai memiliki efek positif pada kanker. Beberapa penelitian telah menunjukkan bukti bahwa konsumsi cabai sebenarnya dapat memerangi sel kanker tertentu, seperti kanker prostat dan usus besar. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, molekul yang memiliki efek degeneratif dan berbahaya dalam tubuh manusia. Sifat anti-inflamasi dari capsaicin membantu untuk mencegah pertumbuhan kanker dan menstabilkan sistem kekebalan tubuh.

Membantu Memerangi Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan makanan yang mengandung cabai sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita diabetes. Hal ini karena Cabai dapat mengurangi jumlah insulin yang dibutuhkan untuk mencerna makanan, termasuk menurunkan kadar gula darah. Selain itu pengurangan dalam produksi insulin ini dapat membantu mengurangi ketegangan pada hati, yang mengarah ke kaskade enzim yang lebih berfungsi penuh dalam sistem pencernaan.

Mengurangi Peradangan

Sifat anti-inflamasi yang kuat, dapat menghambat aksi peptida tertentu dalam tubuh yang menyebabkan iritasi dan pembengkakan. Nyeri, seperti radang sendi, sakit kepala, tekanan sinus dan nyeri otot dan persendian, biasanya disebabkan oleh respons peradangan yang diproduksi tubuh dalam upaya mengobati iritasi.

Lihat juga:

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel