Loading...

Orang Tua Wajib Tahu, Inilah Penyebab Anak Menjadi Nakal dan Susah Diatur

Memiliki anak yang berbakti dan penurut merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh semua orang tua. Namun, terkadang sang buah hati tidak menghiraukan apa yang di katakan oleh orang tua, sehingga sang anak lebih memilih melakukan hal yang menurut dirinya sendiri.

Mengasuh dan merawat anak tentu saja bukan hal yang mudah, terlebih tingkah laku sang anak yang kerap membuat ulah dan melakukan hal yang menguji kesabaran Anda. Tetapi hal tersebut terbilang wajar, karena pada umur tertentu si kecil akan lebih aktif, biasanya terjadi pada usia 2-5 tahun.

Orang Tua Wajib Tahu, Inilah Penyebab Anak Menjadi Nakal dan Susah Diatur
Penyebab anak menjadi nakal

Pada usia tersebut anak-anak cenderung lebih aktif dan selalu menyangkal apa yang dikatakan oleh orang tua. Semakin bertambahnya usia, perilaku sang anak akan berubah, ada yang baik dan penurut serta ada juga yang nakal. Perubahan tingkah laku anak tersebut terjadi karena beberapa penyebab, salah satu faktor utamanya adalah didikan orang tua.

5 Penyebab Anak Nakal dan Susah Diatur


Tetapi, meski mendidik anak dengan benar tetap saja banyak anak-anak yang memiliki sifat nakal dan tidak menurut kepada orang tua. Hal itu terjadi karena beberapa penyebab. untuk lebih jelasnya silahkan simak dibawah ini.

1. Mendidik Terlalu Keras

Seperti yang sudah saya katakan di ata, mendidik anak bukanlah perkara yang mudah karena tingkah laku Anak yang berbeda-beda. Termasuk mendidik anak terlalu keras, hal ini sangat tidak diperbolehkan karena jika melakukan hal tersebut sang anak akan merasa terkekang, takut dan memiliki rasa kesal yang dipendam, sehingga sang anak akan meberontak dan melampiaskan kekesalannya.

2. Terlalu Dimanja

Memanja anak boleh-boleh saja, tetapi jangan berlebihan. Meskipun sebagai orang tua memiliki kasih sayang yang sangat besar kepada anak, tetapi jangan memanjanya terlalu berlebihan "Misalkan menuruti apa saja yang di inginkan anak". Lebih baik sewajarnya saja, karena sifat manja akan membuat sang anak tubmbuh dengan sifat yang egois dan keras kepala.

3. Jarang Diajarkan Ilmu Agama

Nah, ini merupakan salah satu hal yang paling penting bagi pertumbuhan anak agar menjadi anak yang soleh dan solehah. Jika anak mempunyai sifat soleh dan solehah maka anak tersebut cenderung lebih nurut apa yang dikatakan oleh orang tua. Jadi ajarkan ia untuk mempelajari ilmu agama, tetapi dengan secara perlahan agar ia mudah untuk mengerti.

4. Faktor Lingkungan

Lingkungan merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi pola tingkah laku anak. Pada usia tertentu anak memiliki sifat yang bertahap, salah satunya sifat meniru. Jika anak tumbuh di lingkungan yang tidak baik, terutama pada saat memiliki sifat meniru, maka anak akan tumbuh mengikuti orang-orang yang berada di lingkungannya dan menjadi anak nakal.

5. Kurangnya Kasih Sayang Orang Tua

Kasih sayang orang tua merupakan hal yang palig penting yang harus diberikan kepada sang anak. Dengan kasih sayang anak ia akan merasa nyaman dan secara tidak langsung akan membalas kasih sayang juga pada orang tua. Sehingga, rasa kasi sayang sang anak kepada orang tua akan membuat anak tersebut menjadi seorang anak yang berbakti dan menuruti apa yang dikatakan orang tua.

Lihat juga:


Semua orang tua pasti ingin anaknya menjadi anak yang soleh dan solehah, serta menjadi anak yang sukses. Jika memiliki anak yang penurut berbakti kepada orang tua tentu hal tersebut akan membuat bangga dan akan membuat orang tua bahagia, karena sudah berhasil mendidik sang anak dengan benar.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel