Loading...

7 Doa Pembuka Pintu Rezeki dari Al-Qur'an dan Hadist

Sebagai seorang manusia, salah satu keinginan yang selalu diharapkan adalah selalu mendapat Rezeki setiap hari dari Allah, agar bisa membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Rezeki yang diharapkan pun tidak hanya dari segi materi saja, tetapi termasuk non materi yaitu kesehatan, kebahagiaan dan keselamatan dalam hal apapun.


Bagi seorang muslim, keberkahan merupakan suatu hal yang selalu diharapkan ketika mendapatkan rezeki dalam bentuk apapun, baik itu materi maupun non materi, agar rezeki yang diterima bermanfaat di dunia dan akhirat. Oleh karena itu, seorang muslim diwajibkan memperhatikan bagaimana cara mencari rezeki tersebut agar menjadi berkah, baik itu pada saat bekerja maupun berdoa.

7 Doa Pembuka Pintu Rezeki (Al-Qur'an dan Hadist)


Setiap manusia tentunya diharuskan untuk berikhtiar atau bekerja keras dan dibarengi dengan doa agar segala urusan yang dikerjakan dimudahkan dan dilancarkan Allah. Untuk itu, ada beberapa doa yang bersumber Al-quran maupun hadist sebagai doa pembuka pintu rezeki. Supaya apa yang Anda harapkan diberi kemudahan dalam memperoleh rezeki.

1. Doa pembuka pintu rezeki I

“Wayarzuqhu min haitsu laa yahtasibu waman yatawakkal ‘alallahi fahuwa hasbuhu innallaha baalighu amrihi qad ja’alalahu likulli syai-in qadran”.

Artinya: Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. 65:4).

2. Doa pembuka pintu rezeki II

“Qala rabbi ighfir lee wahab lee mulkan la yanbaghee liahadin min baAAdee innaka anta alwahhabu”.

Arti: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (QS. Shaad 38: 35).

3. Doa untuk pembuka rezeki III

“Robbighfirlii warahmnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii”.

Arti: Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku).” (HR. Ahmad 1: 371. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa haditsnya hasan).

4. Doa untuk pembuka rezeki IV

“Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii”.

Arti: “Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.

5. Doa untuk rezeki V

“Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.”

Arti: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

6. Doa pembuka pintu rezeki VI

“Fasaqa lahuma thumma tawalla ila alththilli faqala rabbi innee lima anzalta ilayya min khayrin faqeerun”.

Arti: “Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku”. (QS. Al-Qasas 28: 24).

7. Doa pembuka pintu rezeki VIII

“Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.”

Arti: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rezeki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Lihat juga:


Itulah 7 doa pembuka pintu rezeki yang bersumber dari AL Qur'an dan Hadist. Selalu berdoa merupakan hal yang wajib kita lakukan pada kondisi apapun, termasuk pada saat berikhtiar. Agar apa yang kita harapkan dan pekerjaan yang kita lakukan dimudahkan, serta rezeki yang kita terima menjadi berkah.

Sumber
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel