Wajib tahu, Inilah 4 Gejala Usus Buntu yang Harus di Waspadai

Usus buntu merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat peradangan usus buntu. Penyakit ini merupakan organ yang berbentuk kantong kecil dan tipis, serta berukuran 5 sampai 10 cm yang terhubung dengan usus besar. Kondisi ini merupakan salah satu kondisi yang serius, sehingga harus segera mendapat penanganan medis. Jika tidak, usus buntu akan pecah dan menjadi infeksi berat.

Penyakit usus buntu bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti  usus buntu yang tersumbat, cedera pada perut, penebalan atau pembengkakan jaringan usus buntu, dan lain sebagainya. Selain itu, radang usus buntu bisa menyerang pada semua usia, tetapi biasanya paling sering menyerang pada usia 10-30 tahun.

Gejala Usus Buntu yang Harus di Waspadai

Wajib tahu, Inilah 4 Gejala Usus Buntu yang Harus di Waspadai

Gejala usus buntu biasanya ditandai dengan nyeri pada area perut kanan bawah. Namun, selain itu ada beberapa gejala lain yang harus Anda waspadai. Karena bisa saja gejala-gejala merupakan salah satu tanda adanya penyakit usus buntu. Berikut dibawah ini, 4 gejala usus buntu yang harus diwaspadai.

1. Sakit perut di bagian kanan bawah

Gejala awal usus buntu biasanya terjadi pada bagian perut kanan bawah yang terasa nyeri secara mendadak. Namun, rasa nyeri tersebut biasanya berpusat pada bagian tengah dan berpindah ke bagian perut kanan bawah. Tetapi, penyakit usus buntu juga bisa timbul di belakang, sehingga rasa sakit yang terasa akan terjadi di bagian bawah pinggul.

2. Gangguan pencernaan

Selain sakit perut, gangguan pencernaan juga termasuk salah satu gejala usus buntu. Gangguan pencernaan seperti diare dan susah buang angin bisa saja terjadi karena penyumbatan pada usus sebagian ataupun total, sehingga hal ini harus diwaspadai dan ditangani oleh medis.

3. Mual

Mual merupakan salah satu kondisi yang atau gejala usus buntu. Mual sendiri terjadi karena radang ususu buntu terkadang berdampak pada saluran pencernaan dan sistem saraf, sehingga menimbulkan rasa mual dan muntah.

4. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil juga harus diwaspadai, karena hal tersebut bisa saja merupakan gejala penyakit ususu buntu. Hal tersebut karena kandung kemih yang bersinggungan dengan usus buntu yang meradang, sehingga akan mempengaruhi kandung kemih dan menimbulkan seringnya buang air kecil.

Lihat juga:

Itulah 4 Gejala penyakit usus buntu yang harus diwaspadai. Seberapa kecilpun gejala yang kita rasakan sebaiknya segera periksakan ke dokter agar kita tahu gejala apa yang kita rasakan tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel