Loading...

Waspada, Inilah 5 Gejala Asam Urat yang Jarang Diketahui

Waspada, Inilah 5 Gejala Asam Urat yang Jarang Diketahui

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dialami oleh masyarakat Indonesia, terutama pada pria. Karena pria memiliki asam urat yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita, sehingga rentan terserang gout. Namun meski begitu, wanita juga bisa terserang penyakit ini, terutama jika tidak menjaga pola makan yang sehat.

Banyak yang mengatakan, jika asam urat merupakan penyakit orang kaya? karena disebabkan oleh pola makan yang berlebihan, seperti terlalu banyak mengkonsumsi daging, susu dan makanan lainnya. Tetapi selain pola makan, faktor usia dan faktor kronik seperti darah tinggi juga berpengaruh besar pada timbulnya penyakit.

Gejala Asam Urat Tinggi yang Harus Diwaspadai


Gejala asam urat pada umunya ditandai dengan adanya rasa nyeri yang hebat pada area kaki dan akan mengalami pembengkakan jika rasa nyeri tersebut sudah tidak bisa tertahankan atau parah, serta diikuti rasa panas menyengat pada area persendian. Selain itu, ada beberapa gejala lain yang dapat menimbulkan risiko penyakit asam urat ini. Penasaran apa saja itu? simak selengkapnya dibawah ini.

1, Nyeri sendi dan bengkak pada pagi dan malam hari

Nyeri sendi merupakan salah satu gejala utama asam urat, dan terkadang diselingi dengan kesemutan dan radang sendi yang tampak merah pada permukaan kulit. Rasa nyeri ini biasanya timbul pada pagi atau malam hari.

2. Timbulnya nyeri dan warna kemerahan pada area tertentu

Biasanya nyeri sendi sering terjadi pada area kaki dan ditandai dengan warna merah serta rasa panas yang menyengat. Kaki yang terkena asam urat akan membengkak dan jika tidak langsung diobati akan semakin sulit untuk digerakan.

3. Sendi mengeras dan susah digerakan

Gejala asam urat selanjutnya adalah sendi yang mengeras dan susah digerakaan. Jika merasakan rasa nyeri di kaki atau di area lain akibat asam urat dan tidak segera diobati maka persendian akan terasa semakin keras dan kaku.

4. Nyeri pada pergelangan tangan

Nyeri sendi pada area pergelangan tangan bisa jadi merupakan ciri asam urat. Kondisi tersebut biasanya disebut gout polyarticulari.

5. Rasa panas disekitar sendi

Gejala asam urat selanjutnya adalah rasa panas disekitar sendi. Rasa panas yang timbul ini berasal dari peradangan yang akan memicu sistem imun tubuh untuk melepaskan protein kecil ke jaringan lunak disekitar sendi.

Lihat juga:

Nah itulah tadi 5 gejala asam urat yang sering terjadi dan harus diwaspadai. Semoga bermanfaat.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...