Banyak Dihiraukan, Inilah 5 Gejala Stroke yang Harus Diwaspadai

Awas, Inilah 5 Gejala Stroke yang Harus Diwaspadai

Stroke merupakan salah satu penyakit paling mematikan diantara penyakit lainnya. Penyakit stroke menjadi penyakit yang paling ditakuti karena bisa menyerang secara tiba-tiba dan pada siapa saja. Bahkan, stroke sendiri termasuk dalam penyakit pembunuh utama di Indonesia.

Pengertian stroke adalah kondisi yang terjadi pada saat pasokan darah ke otak terputus karena penyumbatan atau pembuluh darah yang pecah. Kondisi ini yang menyebabkan kematian sel-sel pada sebagian area otak. Selain itu, orang yang terserang penyakit ini harus mendapatkan penanganan yang cepat. Karena jika tidak akan berakibat sangat fatal.

Gejala Stroke Ringan dan Berat yang Harus Diwaspadai


Stroke sendiri dibagi menjadi dua yaitu Stroke Ringan dan Berat. Selain itu keduanya bisa menyerang semua umur, namun risiko stroke lebih meningkat pada saat umur 55 tahun. Baik itu Stroke ringan maupun berat, keduanya memiliki gejala yang hampir sama. Nah, berikut dibawah ini gejala-gejala stroke yang harus diwaspadai.

1. Rasa pusing yang hebat dan tiba-tiba

Mungkin sebagian dari Anda pernah mengalami rasa pusing yang hebat secara tiba-tiba, apalagi pada saat sedang duduk dan langsung berdiri. Nah, jika ya maka jangan pernah menyepelekan hal tersebut, karena biasanya cenderung lebih mempunyai risiko stroke yang tinggi.

2. Sulit bicara

Biasanya penderita stroke ringan akan kesulitan untuk bicara, karena saraf pada wajah yang lumpuh sehingga berdampak pada kesulitan berbicara. Biasanya mereka akan cenderung cadel dan bahkan tidak bisa bicara sama sekali.

3. Kesulitan menelan makanan

Makan merupakan suatu kebutuhan yang harus terpenuhi setiap hari, namun biasanya penderita stroke akan kesulitan menelan makanan tersebut. Karena fungsi tenggorokan yang sudah tidak elastis. Sehingga banyak dari mereka yang menderita stroke memiliki penurunan berat badan.

4. Tidak bisa melihat secara tiba-tiba

Gejala yang akan dialami oleh penderita stroke selanjutanya adalah hilangnya pengelihatan secara tiba-tiba. Hal ini sangat umum terjadi dan harus segera berkonsultasi dengan dokter.

5. Kelumpuhan badan

Kelumpuhan badan merupakan salah satu gejala stroke yang paling banyak ditemui. Baik penderita stroke ringan maupun berat biasanya memperlihatkan gejala yang satu ini. Terutama, kelumpuhan pada sebelah sisi anggota badan.

Lihat juga:

Nah itulah tadi 5 gejala stroke berat maupun ringan yang harus diwaspadai. Semoga bermanfaat.

Subscribe untuk artikel terbaru:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel