Loading...

5 Jenis Makanan yang Berbahaya Bagi Penderita Asam Urat


Asam urat merupakan penyakit yang sering menyerang orang dewasa, tetapi sebenarnya gout out atau asam urat juga bisa menyerang pada anak muda yag tidak menjaga pola makan dan pola hidup sehat. Ketika terkena asam urat, beberapa gejala akan muncul antara lain adalah pegal dan sakit berkepanjangan diantara persendian.

Timbulnya rasa nyeri yang dirasakan akibat penumpukan asam urat pada aliran darah yang kemudian mengkristal di area persendian. Semua sendi yang terdapat pada tubuh bisa berisiko terkena asam urat, namun yang biasanya umum terjadi adalah sendi di jempol kaki.

Selain itu, asam urat biasanya muncul karena beberapa faktor, diantaranya adalah faktor genetik atau keturunan, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak purin dan kondisi kesehatan tertentu seperti tiroid, kolesrterol dan diabetes.

Daftar Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat


Penderita asam urat sendiri sangat wajib untuk memperhatikan pola makannya, karena ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Karena, jika mengkonsumsi makanan tersebut dihawatirkan kadar asam urat akan semakin tinggi. Nah, berikut adalah 5 makanan pantangan penderita asam urat.

1. Jeroan

Jeroan, yang termasuk ginjal, hati, usus dan lainnya merupakan makanan yang memiliki rasa yang cukup enak. Namun sayangnya, makanan ini menjadi pantangan bagi para penderita asam urat. Hal tersebut karena jeroan memiliki kandungan purin yang sangat tinggi, sehingga akan berpengaruh besar pada kadar asam urat.

2. Daging Merah

Daging merah yang berasal dari sapi, kambing dan juga domba merupakan salah satu penyebab yang dapat meningkatkan asam urat. Daging merah yang belum atau sudah diolah memiliki kandungan purin yang cukup banyak .

3. Makanan Laut

Siapa sih yang tidak pernah mencicipi masakan laut atau yang biasa disebut seafood, ya pasti sebagian dari kita pernah kan? Namun tahukah Anda, makanan laut seperti Ikan sarden, teri, kerang dan lain sebagainya ternyata penyebab munculnya penyakit asam urat. Karena mengandung purin yang sedang hingga tinggi. Apalagi bagi penderita asam urat, makanan ini sebaiknya dikurangi atau dihindari.

4. Minuman Manis

Minuman manis biasanya banyak ditemukan kandungan gula frukosa, yang merupakan salah satu kandungan yang dapat menyebabkan asam urat dan meningkatnya asam urat. Jadi lebih baik hindari saja minuman yang manis atau kurangi dan jangan berlebihan.

5. Makanan Berlemak

Makanan berlemak juga termasuk dalam daftar penyebab timbulnya penyakit asam urat. Selain itu, makanan berlemak juga tidak baik bagi kesehatan, salah satunya adalah berpengaruh buruk pada berat badan.

Lihat juga:
Nah itulah 5 pantangan makanan bagi penderita diabetes. Sebaiknya perhatikan pola makan dan jalani gaya hidup sehat, agar terhindar dari segala penyakit, termasuk asam urat.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Bawah Artikel