Loading...

Seram, Inilah 5 Tarian Khas Indonesia yang BIkin Penarinya Kerasukan


Menari merupakan salah satu ekpresi atau ungkapan perasaan manusia yang diungkapkan melalui gerakan. Pada umumnya menari sering kita lakukan pada saat mendengar sebuah lagu atau irama. Namun, tak jarang pula menari dilakukan ketika suasana hati sedang baik atau gembira. Selain itu, menari merupakan sebuah bakat atau keterampilan khusus yang dimiliki seseorang.

Berbicara tentang menari atau tarian, Indonesia sendiri memiliki banyak sekali tarian tradisional yang berasal dari berbagai daerah, seperti tari jaipong, tari kecak, tari remong, tari yapong dan masih banyak lagi. Beberapa tarian tersebut sangat popular dan merupakan salah satu cirti khas dari berbagai daerah Indonesia.

Selain itu, beberapa tarian yang berasal dari Indonesia dipercayai ada campur tangan makhluk halus, pasalnya ada beberapa tarian dari daerah tertentu yang membuat para penarinya setengah sadar atau bahkan tidak sadar sama sekali tetapi melenggok-lenggokan tubuhnya secara romantis, bahkan beberapa diantaranya ada yang menari diatas bara api dan bermain benda tajam. Penasaran tarian apa saja itu? Simak dibawah ini.

5 Tarian Mistis yang Sengaja Dibikin Kesurupan Penarinya


1. Tari Sintren (Tarian Tradisional Jawa)

Seram, Inilah 5 Tarian Khas Indonesia yang Membuat Penarinya Kerasukan

Tari sintren merupakan salah satu tarian yang lekat dengan aroma mistis dan ghaib. Karena, Dewi Lanjarsari yang merupakan Ratu penguasa pantai pulau jawa bagian utara selalu hadir setiap kali acara tradisional ini digelar.

Tarian ini merupakan tarian yang sangat diyakini oleh sebagian besar masyarakat Jawa, terutama di wilayh pesisir utara, Pemalang dan Cirebon. Selain itu, tidak sembarang orang bisa menjadi penari sintren, karena hanya perawan ting-ting dan memiliki keturunan dekat dengan leluhurnya yang pernah menjadi seorang penari sintren.

2. Tari Salai Jin


Tari salai jin merupakan tarian tradisional yang berasal dari Pulau Ternate, Maluku Utara. Tarian ini sangat berkaitan dengan hal-hal mistis, karena orang yang melakukan tarian ini berada dalam kondisi trance atau kerasukan makhluk halus. Sehingga tarian salai jin ini tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang.

Selain itu, tari salai jin harus dilakukan berkelompok dan jumlahnya harus genap tidak boleh ganjil, karena diyakini akan membawa sial atau musibah kepada para penarinya tersebut.

3. Bambu Gila, Tarian Mistis dari Maluku


Bambu gila merupakan salah satu tarian yang paling populer di Indonesia. Namun, dalam tarian kali ini bukan sang penari yang trace atau kerasukan tetapi sebatang bambu. Bambu besar yang memiliki panjang sekitar 2,6 meter akan dipegang oleh 8 sampai 10 orang. Kemudian sang pawang akan melakukan ritual tertentu, sehingga bambu tersebut memiliki kekuatan mistis dan membuat para pemegang bambu tersebut kewalahan.

4. Tari Jaran Kepang (Kuda Lumping, Jawa Timur)


Tidak kalah populer dengan tarian tradisional lainnya, Tari Jaran Kepang atau Kuda Lumping ini terkenal dengan tarian yang memiliki campur tangan ghaib. Sang penari akan mnunggangi kuda kulit dan kemudian melakukan hal-hal aneh yang tak masuk akal, bahkan memakan ayam mentah hingga kaca atau beling.

5. Seni Tradisional Bantengan


Seni tradisional bantengan merupakan budaya tradisional peninggalan kerajaan Singosari yang menghubungkan seni tari, ilmu kanuragan, musik, syair dan mantra-mantra yang lekat dengan hal-hal mistis. Seni tradisional bantengan ini diperankan dua orang penari, yang satu bertugas sebagai kaki depan dan pemegang kepala banteng dan satunya lagi dibelakang.

Lihat juga:

Itulah 5 tarian khas Indonesia yang berkaitan dengan hal-hal mistis. Bagaimana menarik bukan? Semoga bermanfaat.

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel