Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Alami Mengatasi Kaki Pecah-pecah dengan Cepat

Memiliki masalah kaki pecah-pecah merupakan salah satu masalah yang paling umum dan dialami banyak orang. Meski hal ini terbilang masalah sepele, namun kondisi ini dapat mempengaruhi penampilan. Bahkan, dapat menimbulkan rasa tak percaya diri ketika berada di tempat umum.

Pada umumnya, kaki pecah-pecah terjadi pada area tumit. Selain dapat mempengaruhi penampilan dan meimbulkan rasa tak percaya diri, masalah ini juga bisa menimbulkan rasa sakit ketika berdiri atau berjalanm, jika retakan tersebut terlalu dalam.

Kulit kaki pecah-pecah biasanya disebabkan oleh banyak hal, seperti dari kebiasaan tertentu, pekerjaan atau aktivitas, hingga karena penyakit tertentu. Untungnya, masalah kaki pecah-pecah ini dapat diatasi dengan beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Untuk itu, bagi Anda yang memiliki masalah kaki pecah-pecah. Tidak usah khawatir, karena pada postingan kali ini saya akan membagikan beberapa cara ampuh mengatasi kaki pecah-pecah secara alami. Namun sebelum ke caranya, ada baiknya Anda untuk mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya kaki pecah-pecah di bawah ini.

Penyebab Kaki Pecah-pecah

Seperti yang sudah saya tuliska di atas, bahwa kulit kaki pecah-pecah dapat disebabkan oleh banyak hal. Seain dari kebiasaan umum, pekerjaan atau aktivitas tertentu. Beberapa kebiasaan dibawah ini juga menjadi penyebab timbulnya masalah kaki pecah-pecah:
  • Berdiri terlalu lama dan terlalu sering
  • Berjalan tanpa alas kaki dan terlalu sering
  • Ukuran sepatu tidak pas
  • Mandi terlalu lama
  • Menggunakan sabun bahannya yang bersifat iritatif
Selain itu, beberapa kondisi yang bisa menyebabkan kaki pecah-pecah adalah:
  • Penyakit kulit, seperti psoriasis, infeksi jamur dan lainnya
  • Kaki yang memiliki kapalan
  • Penyakit tertentu
  • Kekurangan nutrisi tertentu
  • Obesitas
Biasanya kaki pecah-pecah berisiko besar pada seseorang yang sudah berusia lanjut. Bahkan, orang dengan gaya hidup kurang sehat, seperti terlalu sering merokok dan mengonsumsi beralkohol, juga lebih berisiko mengalami masalah ini.


Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah

Memiliki masalah kaki pecah-pecah memang bisa menjadi salah satu penyebab yang dapat menimbulkan rasa tak percaya diri. Bahkan yang lebih parahnya lagi tumit pecah-pecah tidak sedap dipandang mata, sehingga akan mempengaruhi penampilan.

Selain itu, jika dibiarkan terus menerus tanpa perawatan, maka akan menjadi suatu masalah yang lebih buruk bagi Anda. Selain menimbulkan rasa nyeri saat berdiri dan berjalan, kaki pecah-pecah juga bisa berdarah serta menyebabkan infeksi.

Untuk itu bagi Anda yang mengalami kaki pecah2, ada baiknya untuk segera mengatasi mengatasinya sebelum masalah ini menjadi parah. Berikut adalah cara ampuh mengatasi kaki pecah-pecah secara alami yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah:

1. Perbayak Minum Air Putih

Salah satu hal yag menjadi penyebab kulit kaki pecah-pecah adalah kurang mengkonsumsi air putih. Jika kulit kehilangan sekitar satu liter air sepanjang hari, terlebih jika Anda lebih sering terpapar cuaca panas. Maka risiko terkena kulit kaki pecah-pecah akan semakin besar.

Dengan begitu, Anda bisa menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan lebih sering atau memperbanyak minum air putih. Hal ini sangat bermanfaat untuk membantu dan mencegah atau kulit kering dan pecah-pecah.

2. Menggunakan Minyak Zaitun

Cara mengatasi kaki pecah-pecah yang kedua adalah mengguakan minyak zaitun. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada area tumit kaki pecah-pecah dengan pijatan lembut. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara ini selama 10-15 menit setiap hari.

Perlu Anda ketahui, memijat kaki pecah-pecah menggunaka minyak zaitun bisa membantu melembapkan kulit dan merangsang sirkulasi darah. Dengan begitu proses penyembuhan akan lebih cepat.

3. Pisang dan Alpukat

Obat kaki pecah-pecah alami selanjutnya adalah pisang dan Alpukan. Namun perlu Anda ingat, dalam pengobatan ini pisang dan alpukat tersebut bukan untuk dimakan, tetapi menjadikannya sebuah masker. Caranya sangat mudah, Anda haanya perlu mencampurkan 1 buah pisang matang 1/2 atau setegah buah alpukat.

Haluskan keduanya, kemudian campur hingga benar-benar merata menjadi seperti pasta. Kemudian, oleskan pasta masker tersebut pada area kaki pecah-pecah. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

Buah pisang memiliki kandungan yang dapat membantu melembapkan kulit, termasuk kulit kaki pecah-pecah. Untuk buah alpukat memiliki kandungan vitamin A, vitamin E, asam lemak omega, dan berbagai nutrisi yang bisa mempercepat proses penyembuhan

4. Menggunakan Madu

Madu merupakan salah satu obat kaki pecah-pecah yang bisa membantu mengatasi kaki pecah-pecah. Kandungan antibakteri dan antimikroba yang terdapat pada madu dapat membantu melembapkan kulit dan mempercepat proses penyembuhan kaki pecah-pecah.

Caranya menggunakan madu sebagai obat kaki pecah-pecah sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan 1 gelas madu dengan air hangat secukupnya. Kemudian, rendam kedua kaki ke dalam baskom berisi air madu hangat tersebut selama 15 sampai 20 menit, jika sudah lalu gosok permukaan kulit kaki pecah-pecah tersebut.

Selain itu, madu juga bisa dijadikan sebagai masker untuk obat kaki pecah-pecah. Caranya, cukup oleskan madu pada area tumit pecah2 dan diamkan selama semalaman.

5. Tepung Beras

Cara megatasi kaki pecah-pecah selanjutnya adalah menggunakan tepung beras. Tekstur yang terdapat pada tepung beras dapat membersihkan dan menutrisi kulit kaki sehingga membuatnya lebih halus dan lembut.

Untuk cara membuat obat kaki pecah-pecah, silahkan ikuti langkah dibawah ini:
  • Siapkan 2-3 sendok makan tepung beras, tambahkan tetesan madu dan cuka sari apel secukupnya.
  • Campurkan semua bahan diatas sampai mengental seperti pasta.
  • Sebelum mengoleskan, rendam terlebih dahulu kaki Anda ke dalam air hangat selama 10 menit.
  • Jika sudah dan kaki sudah kering, oleskan pasta tersebut pada permukaan kaki pecah-pecah sambil memijatnya dengan lembut.

6. Lulur Oatmeal

Obat kaki pecah-pecah alami selanjutnya ialah lulur oatmeal. Perlu Anda ketahui, Lulur oatmeal merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan kulit iritasi dan meradang. Untuk mengobati pecah-pecah menggunakan lulur oat meal, Anda bisa mencampurkannya degan minyak zaitun.

Caranya, campurkan 1 sdm oats kering dan 1 sdm minyak zaitun. Kemudian, aduk hingga merata sampai membentuk pasta. Lalu, oleskan masker tersebut pada permukaan kulit kaki atau tumit pecah-pecah. Diamkan sampai meresap ke dalam kulit selama 30 menit. Jika sudah, bilas menggunakan air sampai bersih.

7. Menggosok Kaki untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Cara mengatasi kaki pecah-pecah secara alami yang terakhir adalah dengan cara menggosok area permukaan kaki yang pecah-pecah. Hal tersebut berguna agar sel-sel kulit mati yang terdapat pada kaki pecah2 terangkat.

Untuk caranya, rendam kaki didalam air selama 5-10 menit. kemudian, basahi batu apung atau sikat dan scrub khusus kaki dengan air hangat, lalu gosokkan secara lembut pada area kaki pecah-pecah. Untuk medapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan ini selama 2-3 menit.

Nah jadi itulah tadi beberapa cara ampuh megatasi kaki pecah-pecah secara alami. Perlu Anda ketahui, jika kulit dirawat dengan baik, maka kaki yang pecah-pecah akan membaik dengan sendirinya. Namun, tidak ada perubahan atau kaki masih pecah-pecah meski sudah melakukan cara di atas, maka berkonsultasi dengan dokter menjadi salah satu cara yang tepat.