Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Beras dengan Cepat

Beras merupakan bahan pokok utama yang menjadi salah satu makanan yang dikonsumsi setap hari. Selain beras putih, beeras juga memiliki beberapa jenis yang berbeda, yaitu beras merah, hitam dan coklat. Namun, jenis beras yang paling umum dikonsumsi masyarakat Indoesia adalah beras putih, karena jenis ini memiliki cenderung tawar saat dimasak dan mengandung sumber karbohidrat dan energi.

Berbicara tentang beras, sebagian besar dari Anda pasti selalu memiliki persediaan beras di rumah dengan jumlah banyak? Jika iya, sebaiknya Anda perlu lebih memperhatikan beras tersebut. Karena menyimpan beras dengan jangka waktu cukup lama merupakan salah satu hal yang dapat mengundang kutu beras untuk bersarang di sana. Jika kutu beras sudah terlanjur bersarang pada beras Anda, tentu Anda sendiri yang akan repot. Karena Anda harus menghilangkan kutu-kutu tersebut agar tetap layak ketika akan dikonsumsi.

Kutu beras juga tidak sedap ketika dipandang mata dan mengganggu pandangan. Bahkan yang lebih parahnya lagi, aromanya beras yang memiliki kutu tidak akan harum lagi layaknya seperti beras pada umumnya. Selain itu, kutu berasyang berkembang biak di dalam beras juga tidak baik dan berbahaya. Kualitas dan nutrisi pada beras pun juga akan berkurang karena dihisap oleh kutu beras tersebut.


Penyebab Munculnya Kutu Beras

Penyebab umum yang biasanya memicu munculnya kutu pada beras adalah beras yang disimpan terlalu lama dan penyimpanan yag kurang tepat.

Beras yang terlalu lama disimpan dan penyimpanan yang tidak tepat, maka besar kutu beras tersebut akan datag dan bersarang disana. Ciri-ciri kutu beras bisa dilihat dari warnanya yang berwarna hitam, berhidung panjang dan berbentuk seperti kutu. 

Perlu Anda ketahui, kutu beras juga tidak hanya muncul di beras saja. Tetatapi di beberapa bahan olahan lainnya seperti tepung dan gandum juga sering muncul. Kutu tersebut muncul dan berkembang biak disana akibat faktor yang sama, yaitu terlalu lama disimpan dan faktor penyimpanan yang kurang tepat.

Cara Mengilangkan Kutu Beras

Lalu bagaimana cara meghilangkan kutu beras agar beras tersebut layak untuk dikonsumsi? Bagi Anda yang memiliki persediaan beras dirumah, namun beras tersebut sudah terlanjur memiliki kutu beras. Anda jangan khawatir, karena ada beberapa trik atau cara ampuh menghilagkan kutu beras dengan mudah. Beberapa diantaranya adalah:

1. Menjemur Beras Dibawah Sinar Matahari

Cara pertama untuk menghilangkan kutu beras dengan mudah adalah menjemur beras dibawah sinar matahari secara langsung sinar. Dengan cara ini kutu beras akan mudah menghilang, karena mereka tidak menyukai tempat yang memiliki suhu panas.

Selain itu, cara menghilangkan kutu beras dengan trik ini sangat mudah karena Anda hanya perlu menempatkannya pada sebuah wadah saja dan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam sampai kutu beras tersebut menghilang.

2. Masukan Beras Pada Freezer

Lagkah kedua cara meghilangkan kutu beras adalah dengan cara membekukannya kedalam freezer. Untuk melakukan caranya sangatlah mudah, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyimpan terlebih dahulu stok beras yang dihinggapi kutu kedalam freezer selama satu minggu sampai beras benar-benar membeku.

Perlu Anda ketahui, selain tidak menyukai suhu panas, kutu beras juga sangat anti dengan suhu dingin. Jadi dengan cara membekukan beras terlebih dahulu, kutu beras akan mudah menghilang dang beras akan bersih kembali sehingga layak untuk dikonsumsi lagi.

3. Menggunakan Air Panas

Cara menghilangkan kutu beras selanjutnya adalah menggunakan air panas. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menuangkan air panas secukupnya ke dalam beras. Air panas ini berfungsi untuk membunuh seluruh kutu beras termasuk seluruh telurnya. Dengan begitu secara perlahan kutu beras yang sudah mati akan mengapung ke permukaan air saat dibersihkan ketika di olah.

4. Menggunakan Daun Salam

Cara menghilangkan kutu beras dengan daun salam merupakan salah satu cara yang sangat efektif dan ampuh mengilangkan kutu beras dengan cepat. Bumbu dapur yang sat ini memiliki aroma yang cukup kuat. Aroma tersebut sangat dibenci oleh kutu beras, sehingga kutu beras akan pergi dan menghilang.

Untuk caranya sangat mudah, Anda hanya perlu meletakkan beberapa lembar daun salam kering ke dalam wadah yang berisi beras. Kemudian biarkan saja sampai semua kutu beras tersebut menghilang.

5. Menghilangkan Kutu Beras Menggunakan Cabai Merah Kering

Jika Anda memiliki banyak stok cabai merah kering, Anda bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan kutu yang bersarang didalam beras.

Caranya sangat mudah, Anda haya perlu memasukkan beberapa buah cabai merah kering ke dalam beras yang dihiggapi kutu, kemudian tunggu kurang lebih 24 jam hingga kutu beras tersebut menghilang.

6. Meghilangkan Kutu Beras Dengan Jeruk Nipis

Cara menghilangkan kutu selanjutnya adalah menggunakan daun jeruk nipis. Aroma kuat yang terdapat pada daun jeruk nipis sangat berguna untuk mengusir kutu beras.

Untuk caranya, letakkan beberapa lembar daun jeruk nipis pada beras yang dihinggapi kutu dan tunggu beberapa jam hingga kutu beras menghilang.

7. Meggunkana Kulit Kayu Manis

Terakhir, cara menghilangkan kutu beras adalah dengan menggunakan kulit kayu manis. Cara meggunakannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu meletakkan beberapa kulit kayu manis ke beras dalam beras yang dihinggapi kutu.

Selain melakukan cara menghilangkan kutu beras yang sudah saya tuliskan diatas. Sebaiknya Anda lebih memperhatikan tempat penyimpanan beras tersebut, serta memindahkan beras dari karung bawaan ke dalam wadah penyimpanan yang bisa ditutup rapat.

Nah, jadi itulah tadi beberapa trik cara menghilangkan kutu beras dengan mudah. Silahkan ikuti salah satu cara diatas, dan semoga bermanfaat.