Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tata Cara Sholat Hajat yang Benar Lengkap Dengan Doa dan Manfaatnya

Sholat Hajat merupakan sholat sunnah yang dilakukan seorang muslim ketika memiliki hajat atau keinginan tertentu dan ingin dikabulkan Allah. Sholat Hajat dilakukan degan cara 2 hingga 12 raka'at dengan salam di setiap 2 rakaat. Sholat ini dilakukan kapan saja kecuali pada waktu tertentu yang dilarang untuk melakukan sholat.

Secara umum arti Sholat Hajat adalah salah satu sholat sunnah yang dilakukan untuk umat muslim memohon kepada Allah SWT agar hajat atau kebutuhannya dikabulkan. Selain itu tidak sedikit orang yang memiliki anggapan bahwa Sholat Hajat hanya dapat dilakukan pada malam hari dengan bacaan yang berbeda. Tetapi anggapan tersebut kurang tepat, karena sholat hajat termasuk sholat sunnah yang boleh dilakukan kapan saja kecuali waktu-waktu tertentu.

Waktu yang Dilarang Melaksanakan Sholat Hajat

Ada beberapa waktu yang tidak diperbolehkan untuk melaksanakan Ibadah Sholat Sunnah Hajat, yaitu ketika matahari terbit hingga naik setinggi lembing atau ketika matahari mulai menampakkan diri setinggi tombak. Kemudian saat matahari tepat dipuncaknya, hingga mulai condong atau matahari berada tepat di tengah langit. Lalu Sholat Hajat tidak boleh dilakukan pada waktu sesudah ashar sampai matahari terbenam atau waktu yang memakan beberapa menit sebelum waktu sholat Maghrib tiba.


Untuk tata cara sholat hajat sebenarnya tidak ada bedaya dengan sholat pada umumnya, yaitu diawali dengan niat dan diakhiri dengan salam pada setiap dua rakaat. Selain itu, sholat hajat dapat dikerjakan dari mulai 2 hingga 12 rakaat dengan masing-masing 2 rakaat satu kali salam. Untuk niat da tata cara sholat tahajud lebih lengkapnya, silahkan simak di bawah ini.

1. Niat Sholat Hajat

Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.
Artinya: "Aku berniat salat hajat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala."

Bacaan Surat yang di Anjurkan:
Diriwayatkan dari Wahiib ibn Al-Ward, ia mengatakan bahwa dari doa yang dikabulkan adalah seorang hamba yang salat 12 rakaat, ia membaca pada tiap rakaatnya ayat Kursi dan surah Al-Ikhlas.

Cara membacakan niat sholat hajat ini sama seperti membaca niat sholat lainnya. Yaitu, diucapkan di dalam hati, dan yang terpenting adalah niat hanya semata karena Allah dengan hati yang ikhlas serta mengharapkan ridha-Nya.

2. Tata Cara Sholat Hajat

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, tata cara sholat hajat tidak berbeda dari sholat pada umumnya. Perbedaannya terletak pada niat. Utuk itu berikut adalah tata cara sholat hajat yang telah saya rangkum dari berbagai sumber.

1. Membaca niat
2. Membaca doa Iftitah dan Surat Al-fatihah
3. Membaca surat pendek
Untuk membaca surah setelah fatihah boleh membaca surah apa saja, namun pada rakaat pertama disarankan untuk membaca surah Al-kafirun sebanyak 3x atau ayat kursi 1 kali dan untuk rakaat kedua membaca Al-Ikhlas sebanyak 3 kali.
4. Ruku dengan membaca bacaanya
5. Berdiri dari ruku sambil membaca bacaanya
6. Sujud dengan bacaan tuma'ninah
7. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah
8. Sujud kedua dengan tuma'ninah
9. Kemudian berdiri lagi untuk melaksanakan rakaat kedua
10. Salam

Doa Palig Mustajab Setelah Sholat Hajat

Setelah selesai melaksanakan sholat hajat, ada baiknya untuk membaca doa seperti yang telah dianjurkan. Bahkan, lebih baik lagi jika setelah salam atau selesai mengerjakan sholat hajat, Anda bersujud dengan maksud tadzallul, merendahkan diri kepada Allah SWT dengan hati yang ikhlas.

Amalan doa selagi sujud yang harus Anda bacakan:

"Subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil 'aliiyil 'adzim." Baca sebanyak 10 kali.

Setelahnya Anda bisa membaca bacaan berikut:

"Allahumma sholli 'alaa sayyidina Muhammad wa 'alaa ali sayyidina Muhammad." Baca sebanyak 10 kali.

Setelah selesai melakukan ibadah sholat hajat, maka Anda dianjurkan untuk membaca doa berikut setelah sholat hajat. Untuk bacaannya adalah:

"Laa illaaha illallaahul-haliimul-kaarim, subhaanallaahi rabbil’arsyil-‘adzim. Al-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin. As’aluka muujibaati rahmatika wa ‘azaa’ima magfiratika wal -‘ismata min kulli dzambiw wal-ganiimata min kulli birriw was-salaamata min kulli istmin, laa tada’ lii dzamban illaa gafartahuu wa laa hamman illaa farrajtahuu wa laa haajatan hiya laka ridan illaa qadaitahaa yaa arhamar-raahimiin."

Artinya:
Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Mahamulia, Mahasuci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Engkau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau memastikan buatku, wahai Yang Maha Penyayang diantara para penyayang.

Setelah selesai melakukan ibadah sholat hajat, maka Anda dianjurkan untuk membaca doa berikut setelah sholat hajat. Untuk bacaannya adalah:

Setelah membaca doa di atas, Anda bisa memnyampaikan segala keinginan dan hajat kepada Allah SWT dengan hati yang ikhlas dan niat tulus karena Allah, dan menggunakan bahasa yang biasa Anda gunakan sehari-hari, karena sebaik-baiknya doa adalah doa yang dapat dimengerti.

Jadi demikianlah tata cara sholat hajat yang mustajab lengkap dengan niat dan doanya, semoga bermanfaat.