Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tsunami Terbesar yang Pernah Menggemparkan Dunia


Seperti yang kita ketahui semua, bencana alam merupakan salah satu peristiwa alam yang terbilang sangat mengerikan. Bagaimana tidak? karena bencana alam tersebut dapat mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Bahkan yang lebih parahnya lagi, sebagian besar peristiwa alam dengan bencana tertentu dapat merenggut jiwa. Seperti cotohya adalah Tsunami, yang merupakan salah satu bencana alam paling mengerikan yang sering terjadi didunia.

Tsunami merupakan salah satu bencana alam yang terjadi akibat perpindahan sejumlah besar air yang disebabkan karena gangguan atau faktor tertentu, baik letusan gunung api, gempa bumi, longsor maupun meteor yang jatuh ke bumi. Namun, sebagian besar terjadinya tsunami adalah akibat gempa bumi yang terjadi dibawah laut.

Bencana tsunami ini termasuk salah satu bencana alam mengerikan yang pernah terjadi dibeberapa Negara. Bahkan di Indonesia sendiri bencana alam yang satu ini pernah terjadi dan meghilangkan banyak jiwa, serta kerugian harta benda termasuk hancurnya sebuah kota atau daerah yang terkena dampak tsunami tersebut.

7 Tsunami Terbesar yang Pernah terjadi di Dunia

Seperti yang sudah saya tuliskan diatas, bahwa bencana tsunami ini pernah terjadi di beberapa negara, dan beberapa diantaranya pernah terjadi di Indonesia. Berikut adalah beberapa tsunami terbesar di dunia yang telah saya rangkum dari berbagai sumber:

1. Tsunami Aceh

Tsunami terbesar yang pertama di dunia adalah Tsunami Aceh. Pada tanggal 26 Desember 2004, Provinsi Aceh diguncang dengan gempa bumi besar dengan 9.1 –9.3 skala richter. Becana tersebut terjadi akibat gempa di bawah laut yang mengakibatkan terjadinya gelombang besar atau tsunami dengan tinggi 20-30 meter.

Bencana tsunami Aceh ini telah menyebabkan banyak kerugian, selain harta dan hancurnya kota-kota, juga merenggut banyak korban yag berjumlah hingga ratusan ribu jiwa.

2. Tsunami Guatemala

Bencana tsunama terbesar di dunia selanjutnya terjadi di Guatemala. Pada tanggal 4 februari 1976 silam, Guatemala diguncang dengan gempa yang berkekuatan 7.5 S.R.

Tak lama kkemudian gelombang besar atau tsunami melanda kota tersebut. Hingga akhirnya bencana tsunami guatemala merenggut korban jiwa sekitar 22.778 orang.

3. Tsunami Genroku 1703

Pada tanggal 31 Desember 1703, wilayah Kanto selatan, Jepang di Era Genroku telah diguncangkan dengan sebuah gempa bumi dahsyat yang megakibatkan terjadinya tsunami besar. Akibat terjadinya bencana tsunami ini, berdampak pada sekitar 400 kilometer garis pantai, dan merenggut korban jiwa hingga 200 ribu orang.

4. Tsunami Arica 1868

Pada tanggal 13 Agustus 1868, Arica yang terletak di Chili utara diguncangkan dengan gempa bumi yang berkekuatan 8.5 – 9 SR, yang kemudian disusul dengan gelombang tsunami setinggi 27 meter dan memakan korban sekitar 25.674 orang.

5. Tsunami Nankaido 1498

Wilayah nankaido pernah diguncangkan dengan gempa bumi besar yang memiliki kekuatan sebesar 8.6 skala richter. Tak lama kemudian, disusul dengan terjangan gelombang tsunami yang sempat menewaskan sekitar 26.000 korban jiwa.

6. Tsunami Kreta

Gempa bawah laut yang berkekuatan 8 SR pada 21 Juli 365 SM pernah mengguncangkan Mesir, Palestina, Siprus, Sisilia, dan Kepulauan Yunani. Akibat gempa yang besar tersebut, terjadi kehancuran sangat fatal di daerah Yunani bagian selatan dan memakan korban sebanyak lima ribu jiwa.

Dari kejadian ini, semua korban jiwa terhitung sekitars 300 sampai 500 ribu orang.

7. Tsunami Sanriku 1896

Pada tanggal 15 juni 1896, Sanriku pernah diguncang dengan gempa bumi yang berkekuatan 7.6 skala richter. Gempa bumi tersebut mengakibatkan terjadinya tsunami dengan tinggi gelombang sampai 33 meter yang memakan korban jiwa sekitar 27 ribu orang.

Nah jadi itulah tadi 7 tsunami terbesar di dunia yang pernah terjadi dan memakan banyak korban serta kerugian yang sangat besar. Semoga artikel ini bermanfaat.