Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Doa dan 4 Amalan Pembuka Rezeki Paling Mustajab

Seperti yang kita ketahui, setiap makhluk yang diciptakan Allah sudah memiliki rezekinya masing-masing. Termasuk pada manusia, yang dimana Allah telah memberikan rezeki yang cukup di setiap harinya.Namun, terkadang manusia mengiginkan rezekinya selalu bertambah dan upaya dalam mencari rezeki dilancarkan Allah SWT.

Berbicara tentang rezeki, pasti erat kaitannya dengan uang dan harta saja, tetapi kesehatan, kebahagiaan, kedamaian, menikah, memiliki anak dan rahmat Allah lainnya termasuk rezeki. Dan rezeki tersebut sudah menjadi urusan dan rahasia Allah untuk semua makhluknya.

Meski demikian, tidak ada salahnya jika setiap manusia berharap, berdoa, dan berikhtiar dalam hal mencari rezeki yang barokah dari Allah untuk kelancaran hidup dan bisa selalu berbagi atau bersedekah.

3 Doa dan 4 Amalan Pembuka Rezeki Paling Mustajab

Inilah Doa Pembuka Pintu Rezeki Paling Mustajab

Meski rezeki sudah ditetapkan Allah pada semua manusia dan makhluk-maklhuk ciptaan-NYA, namun berusaha dan berdoa adalah salah satu upaya yang harus selalu kita lakukan. Selain mengharapkan ridho Allah, kita juga bisa menikmati hasil jerih payah dari usaha kita sendiri.

Ada beberapa doa atau amalan khusus yang dapat menjadi sebuah pelegkap agar usaha yang kita lakukan barokah dan selalu dilancarkan Allah SWT. Beberapa doa pembuka pintu rezeki tersebut adalah:

1. Allahumma ya ghaniyyu yaa mughnii aghninii ghinan abadan wa yaa 'aziizu yaa mu'izzu a'izzanii bi i'zaazi 'izzati qudratika wa yaa muyassiral umuuri yassirlii umuuraddunyaa wad diini yaa khaira man yurjaa yaa allaahu.

Artinya: "Ya Allah, Zat yang Maha Kaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan kepadaku yang abadi. Wahai Zat yang Maha Mulia yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Zat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Zat yang paling baik, ya Allah."

2. Hasbiyallahu laailaahailla hua'alaihi tawakkaltu wahuwa robbul'arsyil azhiimi.

Artinya: "Allah telah mencukupkan padaku, tiada Tuhan melainkan Engkau dan pada-Mu aku berserah diri, Engkau Tuhan yang menguasai arasy yang besar."

Doa pembuka rezeki tersebut lebih baik dibaca sesudah melaksanakan salat fardu, salat hajat, dan salah sunah tahajud sebanyak tiga kali.

3. Allahumma shallii'ala sayyidina Muhammadin, shalatan tunjina biha min jami'il-ahwali wal-afati, wa taqdhi lana biha min jami'il-hajati, wa tuthahhiruna biha min jami'is-sayyi'ati wa tarfa'una biha a'lad-darajati, wa tuballighuna biha aqshal-ghayati min jami'il-khairati fil-hayati wa ba'dal-mamati. Wa shallallahu 'ala khairi khalqihi sayyidina Muhammadin wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallama.

Artinya: "Ya Allah, berselawatlah kepada penghulu kami, Muhammad, selawat yang menyelamatkan kami dari segala huru-hara dan kesusahan, dan selawat yang dengannya ditunaikan segala hajat, dibersihkan kami dari segala dosa dan kesalahan, meninggikan kami ke derajat yang paling tinggi, dan menyampaikan kami pada puncak tujuan yang berupa kebaikan, ketika di dunia maupun setelah mati. Selawat dan salam semoga tetap tercurah pada sebaik-baik makhluk-Mu, Muhammad, keluarga dan sahabatnya."

Doa pembuka rezeki ini dibaca tiga kali setiap pagi sesudah melaksanakan salat subuh.

Amalan Untuk Melancarkan Rezeki

Selain doa, amalan atau perlakuan baik kita juga menjadi kunci utama yang bisa memperlancar rezeki agar bertambah dan mudah kita dapatkan. Berikut adalah kunci pembuka pintu rezeki yang bisa Anda peraktikan dalam kehidupan Anda.

1. Istighfar

Sebagai seorang muslim, istighfar adalah sebuah kalimat utama yang seharusnya kita ucapkan setiap saat, terlebih ketika kita telah melakukan kesalahan yang disengaja ataupun tidak disengaja.

Namun tahukan Anda, beristighfar merupakan salah satu amalan yang dapat memperlancar rezeki. Karena istighfar adalah sebab paling penting diturunkan rezekinya oleh Allah SWT.

Apa itu istighfar?

Seperti yang dijelaskan oleh Imam ar-Raghib al-Ashfahani, istigfar merupakan salah satu kalimat untuk meminta ampunan dengan ucapan dan perbuatan.

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun’.” (QS. Nuh: 10)

Namun perlu Anda ketahui, meminta ampunan tidak cukup hanya dengan ucapan lisan saja, akan tetapi dengan lisan, perbuatan dan hati yang tulus pasrah karna Allah SWT. Karena memohon 

Seperti yang terdapat pada ayat yang menyatakan bahwa keduanya adalah kunci rezeki, yaitu firman Allah,

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai’.” (QS. Nuh: ayat 10-12)

Selain itu, sebuah hadits dari Abdullah bin Abbas, beliau berkata, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa memperbanyak istigfar, niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya, kelapangan dan untuk setiap kesempitannya, jalan keluar dan Allah akan memberinya rezeki (yang halal) dari arah yang tidak disangka-sangka.” (Al-Musnad, no. 2234, 4/55-56)

2. Bertaqwa

Amalan pembuka pintu rezeki selanjutnya adalah taqwa. Taqwa adalah salah satu amalan yang dapat menggantikan kesulita menjadikan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Apa itu taqwa?

Seperti yang diijelaskan Imam ar-Raghib al-Ashfahani, yaitu:

“Takwa adalah menjaga jiwa dari perbuatan yang membuatnya berdosa dan itu dengan meninggalkan apa yang dilarang dan menjadi sempurna dengan meninggalkan sebagian yang dihalalkan.”

Intinya, jika ada orang yang membangkang perintah Allah dan melakukan apa yang dilarang-Nya, maka ia bukan termasuk orang yang bertakwa.

Sebagaimana yang di firmankan Allah, yaitu:

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath-Tholaq: 2-3)

3. Tawakal

Amalan untuk melancarkan rezeki selanjutnya adalah tawakal. Tawakal dan berserah diri kepada Allah merupaka salah satu perbuatan yang dapat melancarkan rezeki.

Apa itu tawakal?

Seperti yang dijelaskan Syaikh Utsaimin bahwa:

“Tawakal adalah menyandarkan permasalahan kepada Allah dalam mengusahakan apa-apa yang dicari dan menolak apa-apa yang tidak disenangi, disertai dengan kepercayaan penuh kepada Allah Ta’ala dan menempuh sebab (sebab adalah upaya dan aktifitas yang dilakukan untuk meraih tujuan) yang diizinkan syari’at.”.

Jika diartikan, penjelasan diatas diketahui bahwa tawakal terbagun dari 2 pondasi yaitu bersandarnya hati kepada Allah dan menjalankan apa yang diperintahkannya.

Sebagaimana firman Allah, yaitu:

“Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath-Tholaq: 3).

4. Bersyukur

Amalan pembuka pintu rezeki selanjutnya adalah bersyukur kepada Allah. Bersyukur adalah sebuah amalan yang bisa melipatgandakan nikmat yang telah kita miliki.

Apa Itu Syukur?

Seperti yang diijelaskan Ibnu Qayyim dalam kitab Madarijus Salikin,

“Syukur adalah menunjukkan adanya nikmat Allah pada dirinya. Dengan melalui lisan, yaitu berupa pujian dan mengucapkan kesadaran diri bahwa ia telah diberi nikmat. Dengan melalui hati, berupa persaksian dan kecintaan kepada Allah. Melalui anggota badan, berupa kepatuhan dan ketaatan kepada Allah”.

Namun perlu Anda ketahui, beryukur bukan hanya dengan lisan saja, tetapi dengan hati dan perbuatan anggota badan.

Dalil dari AL Quran

“Dan sungguh orang-orang yang bersyukur akan kami beri ganjaran.” (QS. Al Imran: 145).

Tafsir Imam Ath-Thabari yang menafsirkan ayat ini dengan membawakan riwayat Ibnu Ishaq,

“Maksudnya adalah, karena bersyukur, Allah memberikan kebaikan yang Allah janjikan di akhirat dan Allah juga melimpahkan rezeki baginya di dunia”. (Tafsir Ath-Thabari, 7/263)

Demikianlah informasi tentang doa dan amalan pembuka rezeki paling mustajab. Silahkan di baca dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.