Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik yang Mudah Dipelihara

12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik yang Mudah Dipelihara

Memelihara ikan hias merupakan salah satu hobi yang juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengisi waktu luang. Untuk memelihara ikan hias air tawar kecil terbilang sangat mudah, bahkan untuk media seperti airnya saja juga mudah didapat sehingga Anda tidak perlu repot-repot saat hendak mengisi ulang akuarium.

Selain itu keunggulan lain dari ikan hias kecil adalah tidak membutuhkan ruang yang luas, cukup diletakkan di mana saja meski di ruangan tersebut dipenuhi pernak pernih atau hiasan lainnya.

Untuk perawatan ikan hias air tawar yang baik terbilang lebih gampang jika dibandingkan dengan cara merawat ikan hias air laut. Biasanya perawatan ikan hias air tawar cukup dilakukan dengan cara memberi pakan yang cocok dan mengganti airnya secara rutin.

Pada saat memelihara ikan hias terkadang sang pemelihara malas untuk merawatnya dengan baik dan teratur. Padahal hal tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan ikan hias ini. Bisa jadi ikan hias tersebut stres dan mati akibat perawatan yang kurang baik dan kesalahan dalam metode pemeliharaannya.

Cara Memelihara Ikan Hias Air Tawar

Meski terbilang gampang, namun memerlukan ketelitian dan keseriusan yang benar-benar ekstra. Terutama jika Anda ingin memelihara ikan hias air tawar yang bisa dicampur, tentu memerlukan pengetahuan cara yang lebih dalam sehingga ikan-ikan yang Anda pelihara mempunyai waktu hidup yang lebih lama.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui yang berkaitan dengan cara memelihara ikan hias air tawar yang baik dan benar, dan itu harus Anda ketahui jika Anda merupakan seorang pemula yang akan memelihara ikan hias.

Pertama adalah memilih ukuran akuarium atau kolam yang cocok dengan jenis ikan yang akan Anda pelihara, kemudian mengenali jenis- jenis ikan hias, dan mengetahui dan memisahkan ikan yang tidak sehat dari akuarium.

Setelah itu aturlah arus air dalam akuarium ataupun kolam, selalu menggunakan air bersih, memberi pakan secara rutin dan membersihkan akuarium secara rutin.

Makanan Ikan Hias Air tawar

Bagi Anda yang baru berkecimpung di dunia ikan hias air tawar, saya rasa tidak hanya harus memerhatikan dan menjaga tempatnya saja. Anda juga diharuskan untuk mengenal pakan dan membagikan makanan terbaik supaya ikan hias tawar yang Anda pelihara selalu sehat dan bisa berkembang besar.

Ada dua jenis makanan ikan hias air tawar yang perlu Anda ketahui, yaitu makanan natural yang merupakan jenis makanan  yang berasal dari bahan- bahan natural tanpa pengolahan yang rumit namun memiliki gizi yang sangat bagus, dan makanan buatan yang memakai bahan baku natural kemudian diolah oleh pabrik atau pun hasil olahan rumahan.

Berikut di bawah ini saya informasikan jenis pakan alami yang cocok untuk ikan hias air tawar.

Jenis Pakan Alami untuk Ikan Hias Air Tawar

Berikut adalah sebagian jenis pakan alami yang cocok untuk ikan hias air tawar.

  1. Cacing sutera, cocok untuk tumbuh-kembang pada ikan.
  2. Jentik nyamuk, ini adalah makanan favorit yang apling disukai ikan hias karena dapat membuat proses reproduksi menjadi lebih lancar.
  3. Udang kecil, cocok untuk ikan hias yang masih kecil.
  4. Kutu air, cocok untuk ikan hias yang telah dewasa.

Selain empat jenis pakan alami ikan hias yang saya sebutkan di atas, makanan ikan hias alami lainnya juga bisa berasal dari sayur-sayuran. Contohnya seperti sayur wortel dan timun.

Tipe Ikan Hias Air Tawar yang Sesuai di Akuarium

Pada umumnya terdapat dua jenis ikan hias yang bisa dipelihara di akuarium, yaitu ikan air laut dan ikan air tawar. Namun, jenis ikan hias air tawar memiliki peminat lebih banyak dibanding dengan jenis ikan air laut. Hal tersebut karena perawatan ikan hias air tawar lebih mudah dibandingkan dengan ikan hias air laut.

Perlu Anda ketahui semua, di negara tercinta ini setidaknya ada 300 lebih jenis ikan hias air tawar yang sudah di ekspor dan terkenal hingga ke belahan dunia.

Nah bagi Anda yang penasaran dengan jenis ikan hias air tawar apa saja yang dapat kalian pelihara dan cocok di akuarium, berikut 12 jenis ikan hias air tawar paling cantik yang cocok untuk menghiasi akuarium Anda.

1. Ikan Hias Air Tawar Botia

12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik yang Mudah Dipelihara

Ikan botia merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling populer dan digemari oleh banyak orang. Bahkan penggemarnya tidak hanya berasal dari Indonesia saja, tetapi dari negara-negara lain di dunia.

Jenis ikan botina termasuk jenis ikan hias air tawar yang berasal dari family Cobitidae, dan termasuk salah satu tipe ikan hias air tawar yang sangat banyak diburu oleh para pecinta ikan hias untuk menghiasi akuarium mereka.

Ada beberapa jenis ikan botina yang dari dulu hingga sekarang paling banyak di cari oleh pecinta ikan hias, yaitu ikan botia macan, ikan botia badut, ikan botia morleti, serta ikan botia India.

Untuk ikan botia bercorak kuning terang dengan 3 garis lebar yang bercorak gelap, biasanya mudah ditemukan di wilayah perairan jernih dengan bebatuan. Tipe ikan hias air tawar ini sangat aktif di malam hari, atau yang bisa disebut juga dengan sebutan nokturnal.

Sedangkan untuk tipe ikan hias botia macan dan ikan botia badut termasuk spesies ikan hias botia asli dari Indonesia. Ikan ini adalah salah satu tipe ikan hias air tawar yang diekspor Indonesia ke berbagai negara di dunia.

2. Ikan Hias Air Tawar Mas Koki

12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik yang Mudah Dipelihara

Jenis ikan hias air tawar mas koki merupakan salah satu jenis yang paling banyak di minati oleh para pencinta ikan air tawar di Indonesia. Ikan mas koki ini memiliki corak yang menawan, yang merupakan perpaduan antara corak putih dan orange keemasan.

Diantara jenis- jenis ikan hias air tawar goldfish, jenis mas koki termasuk salah satu jenis yang paling laris di pasaran. Hal tersebut karena ikan mas koki mempunyai corak yang indah dan bentuk yang sangat unik.

Bahkan tidak hanya itu saja, ikan mas koki juga memiliki perut buncit dengan mata besar dan ekor yang berumbai- rumbai. Itulah kenapa ikan hias mas koki memiliki peminat yang sangat banyak.

3. Ikan Hias Air Tawar Louhan

12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik yang Mudah Dipelihara

Jenis ikan hias yang cocok di akuarium selanjutnya adalah ikan louhan. Ikan hias air tawar yang satu ini merupakan salah satu jenis yang lumayan populer di kalangan masyarakat, terutama para pecinta ikan hias.

Ikan louhan memiliki bentuk yang terbilang sangat unik dan khas, yaitu memiliki tonjolan yang terdapat di atas depan kepala-nya.

Di negara tercinta ini, ikan louhan menjadi salah satu jenis ikan hias air tawar terindah yang paling banyak diminati para kolektor ikan handal. Bentuknya yang unik dengan corak yang indah menjadikan ikan louhan sebagai simbol keberuntungan.Maka tidak heran jika jenis ikan hias air tawar dan harganya terbilang sangat fantastis.

4. Ikan Hias Air Tawar Neon Tetra

12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik yang Mudah Dipelihara

Jenis ikan hias aquarium neon tetra, yang merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang bisa memperindah aquarium Anda. Ikan yang satu ini memiliki nama latin Paracheirodon innesi, tipe ikan air tawar ini termasuk dalam kelompok ikan cardinal fish ataupun ikan air tawar yang membentuk sculling ataupun gerombolan.

Sisik yang terdapat pada ikan neon terta memiliki zat bioluminesen. Zat tersebut lah yang menjadikan ikan ini bersinar sangat terang.

5. Ikan Hias Air Tawar Lemon

12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik yang Mudah Dipelihara

Bagi Anda yang ingin memulai atau mencoba memelihara ikan hias air tawar, saya rasa Anda mencoba memulainya dengan ikan lemon. Jenis ikan hias air tawar kecil yang satu ini sangat cocok menjadi pertimbangan Anda jika ingin mencoba memulai memelihara ikan hias.

Nama ikan hias yang satu ini diambil dari salah satu tipe buah, karena warna dan corak-nya hampir mirip dengan buah lemon lemon.

Ikan lemon berasal dari Afrika dengan karakteristik khas corak kuning lemon serta garis gelap pada bagian sirip punggungnya. Ikan ini tercantum tipe dalam jenis ikan air tawar yang memiliki watak teritory, yang artinya bukan ikan hias air tawar yang bisa dicampur.

6. Ikan Hias Air Tawar Oscar

12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik yang Mudah Dipelihara

Ikan oscar termasuk salah satu jenis ikan hias yang paling gampang dipelihara, habitat utama ikan hias ini berasal dari perairan air tawar di sungai Amazon. Ikan tawar ini ini memiliki nama latin Astronotus ocellatus, yang dalam perkembangannya ikan hias ini sudah bisa untuk di budidayakan.

Perlu Anda ketahui semua, ikan oscar termasuk  jenis kasar sehingga tidak boleh di gabungkan dengan jenis ikan hias air tawar yang lainnya.

7. Ikan Hias Air Tawar Molly

12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik yang Mudah Dipelihara

Ikan molly adalah jenis ikan hias air tawar yang gampang di budidaya-kan. Keunikan yang terdapat pada ikan hias air tawar tercantik yang satu ini terletak pada bentuk badan dan karakternya yang pemalu. Bahkan saking pemalu-nya, jika ikan ini melihat jenis ikan lainnya ia akan segera menjauh dan kemudian mencari tempat untuk bersembunyi.

Selain itu, ikan molly termasuk pada jenis ikan hias kecil bergerombol dalam jumlah kecil atau sedikit. Untuk memelihara ikan ini Anda diharuskan untuk mengetahui jenis dan penyediaan pakan serta keadaan pakan dalam akuarium.

8. Ikan Hias Air Tawar Manfish

12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik yang Mudah Dipelihara

Ikan manfish merupakan tipe ikan hias air tawar yang paling mudah kita jumpai. Untuk memelihara ikan manfish terbilang sangat gampang, karena jenis ikan ini termasuk ikan hias air tawar yang bisa dicampur dengan jenis lainnya dalam satu akuarium.

Manfish adalah jenis ikan hias air tawar yang identik dengan bentuk tubuh pipih serta sirip yang memanjang. selain itu, banyak sekali corak berbeda yang terdapat pada ikan ini. Sehingga Anda bisa memilih corak sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

9. Ikan Hias Air Tawar Guppy

12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik yang Mudah Dipelihara

Guppy adalah jenis ikan hias air tawar yang juga paling diminati oleh pecinta ikan hias. Selain harganya yang murah, ikan hias air tawar yang satu ini sangat gampang dipelihara.

Ikan guppy memiliki kombinasi motif cerah di badan-nya, sehingga ikan hias yang satu ini mampu memberikan suasana indah saat di lihat dari luar akuarium.

Selain itu, guppy juga termasuk ikan hias air tawar yang bisa dicampur dengan jenis ikan hias air tawar lainnya di dalam satu akuarium.

10. Ikan Hias Air Tawar Cupang

12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik yang Mudah Dipelihara

Mungkin Anda semua sudah tidak asing lagi dengan ikan cupang? ya, cupang adalah salah satu ikan hias air tawar kecil yang memiliki harga cukup bervariasi.

Ikan yang satu ini memiliki macam-macam corak dan bentuk yang sangat menarik. Selain itu, perawatan ikan ini juga terbilang sangat gampang. Bahkan ikan ini juga bisa di tempatkan kedalam botol yang diisi air saja.

Namun perlu Anda ketahui, ikan cupang ini mempunyai karakter yang sangat kasar sehingga tidak bisa digabung dengan ikan hias lainnya.

Lihat juga: 5 Jenis Ikan Cupang Hias Termahal di Dunia

11. Ikan Air Tawar Black Ghost

12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik yang Mudah Dipelihara

Black ghost adalah ikan yang berasal dari perairan Amazon. Nama ikan ini di ambil dari corak-nya yang gelap dan bentuk yang tipis serta sirip panjang. Ikan ini suka memakan jentik nyamuk serta serangga air kecil ataupun pelet.

12. Ikan Hias Air Tawar Discus

12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik yang Mudah Dipelihara

Ikan discus merupakan salah satu ikan hias air tawar yang berasal dari Amazon, Amerika Selatan. Ikan yang satu ini memiliki bentuk yang unik, dan dilengkapi dengan warna yang sangat indah.

Jika dilihat dari depan ikan ini terlihat sangat tipis, namun akan terlihat bulat jika dilihat dari samping. Jenis ikan hias air tawar yang satu ini juga memiliki sirip yang cukup besar dan memanjang dengan mata merah yang bersinar.

Panjang ikan discus bisa mencapai 15-25 cm. Namun sayangnya, ikan hias tawar ini tidak direkomendasikan dipelihara oleh Anda yang baru memulai atau berkecimpung di dunia ikan. Hal ini tersebut karena ikan discus membutuhkan perawatan dan perhatian yang sangat serius.

Alat-alat Aquarium dan Fungsinya

Jika Anda ingin memulai dan mencoba memelihara ikan hias, sudah pasti Anda harus memiliki peralatan yang berkaitan dengan ikan hias. Jika Anda belum tahu, berikut di bawah ini adalah alat-alat aquarium yang lengkap dengan fungsi-nya.

Akuarium

12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik yang Mudah Dipelihara

Alat yang pertama Anda butuhkan untuk memelihara ikan adalah akuarium. Alat ini merupakan alat utama yang wajib Anda dahulukan sebelum membeli ikan hias.

Ada banyak jenis akuarium yang cocok untuk ikan hias air tawar tertentu, dan Anda bisa memilih akuarium sesuai dengan keinginan Anda sendiri atau desain akuarium dengan kabinet, akuarium kaca bundar, atau pun yang lainnya.

Filter Akuarium

12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik yang Mudah Dipelihara

Selanjuta-nya adalah filter untuk akuarium. Filter juga termasuk alat utama yang berfungsi untuk melindungi kebersihan akuarium.

Ada beberapa opsi filter akuarium yang dapat Anda sesuaikan dan cocok-kan sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri.

Hiasan Akuarium

12 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik yang Mudah Dipelihara

Akuarium akan terlihat lebih indah jika di dalamnya terdapat hiasan akuarium. Anda bisa menggunakan hiasan seperti pasir, batu– batuan, tumbuhan, bangunan– bangunan atau hiasan lainnya.

Demikianlah informasi tentang ikan hias air tawar yang cocok di akuarium. Saya rasa artikel kali ini sudah sangat jelas, semoga tulisan yang saya buat mudah di mengerti dan semoga bermanfaat untuk Anda semua.