Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Melihat Kata Sandi Email Dengan Mudah dan Cepat

Lupa password email merupakan salah satu masalah yang kerap terjadi pada siapa saja, terutama yang memiliki akun gmail lebih dari satu. Namun untungnya, saat ini ada beberapa cara melihat kata sandi email dengan mudah dan cepat serta bisa dilakukan sendiri.

Pada umumnya, melihat kata sandi sendiri bisa melalui browser yang pernah di pakai login menggunakan akun email tersebut, karena terdapat fitur untuk menyimpan password. Jadi, jika suatu saat kamu lupa maka maka dapat dengan mudah menggunakan fitur tersebut.

Cara melihat kata sandi email di google atau akun apapun itu, bisa kamu lakukan dengan cepat melalui nomor hp. Namun dengan catatan, email tersebut harus terkait dengan no hp sehingga bisa digunakan untuk reset password atau mengganti kata sandi dengan yang baru.


Cara melihat kata sandi email ini sebenarnya termasuk salah satu hal yang saat ini bisa kita lakukan dengan mudah. Selain itu, cara tersebut juga dapat kita lakukan cara-cara yang berbeda serta menggunakan beberapa media pembantu seperti hp android dan komputer.

Pada umumnya, mengetahui kata sandi pada email milik sendiri sangatlah penting dan diharuskan untuk selalui diingat. Hal tersebut supaya memudahkan kita untuk login atau masuk ke sebuah akun yang membutuhkan email dan password.

Sebagai manusia, terkadang kita lupa dengan sesuatu yang dibutuhkan termasuk kata sandi email. Dan hal itu tentu menjadi salah satu musibah yang dapat menghambat ketika kita sedang membutuhkan kata sandi tersebut untuk suatu hal yang memang sangat penting.

Meski sebelumnya sempat diingat berulang kali, namun tetap saja lupa karena suatu hal tertentu seperti tidak menyimpannya kedalam catatan. Namun untungnya, kini ada beberapa cara melihat kata sandi email dengan mudah yang bisa kita praktikan sendiri tanpa memerlukan bantuan orang lain.

Cara Melihat Kata Sandi Email Dengan Mudah

Bagi sobat yang sedang bingung dan mencari informasi mengenai cara melihat kata sandi email yang lupa, kini ada beberapa trik yang bisa sobat coba dan bisa diterapkan sendiri dengan mudah tanpa harus melakukan hal-hal yang sulit. Namun cara ini khusus untuk akun google atau email lainnya yang pernah login dan menyimpan password di Android atau komputer.

1. Cara Melihat Kata Sandi Email di Google Chrome


Cara pertama yang bisa untuk melihat password email adalah melalui browser Google Chrome. Jika sebelumnya kamu pernah login email di browser ini, maka secara otomatis kata sandi dan alamat email tersebut akan tersimpan.

Untuk melihatnya, silahkan simak berikut ini:
  1. Pertama, silahkan buka browser Google Chrome di Komputer kamu.
  2. Lalu, klik titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
  3. Kemudian pilih Setelan, klik Isi-Otomatis dan pilih Sandi.
  4. Untuk memudahkan pencarian, silahkan ketik nama atau username email kamu pada kolom pencarian yang terletak dibagian atas.
  5. Jika sudah, maka akan muncul email yang passwordnya ingin kamu ketahui.
  6. Setelah itu, klik icon mata dan secara otomatis kata sandi email akan terlihat.
  7. Selesai
Cara ini bisa kamu gunakan untuk mengetahui kata sandi google, facebook, twitter dan lain sebagainya. Namun perlu kamu ketahui, cara ini hanya bisa dilakukan jika kamu pernah login dan menyimpan data email beserta password di Google Chrome.

2. Cara Melihat Kata Sandi Email Melalui Firefox


Bagi kamu yang pernah atau sering login email di Mozila Firefox, kamu juga bisa menggunakan browser ini untuk melihat kata sandi email seperti akun google, facebook dan lain sebagainya.

Caranya sendiri hampir sama dengan Google Chrome, dan untuk lebih jelasnya silahkan simak dibawah ini:
  • Silahkan masuk ke browser Mozila Firefox.
  • Klik ikon strip yang terdapat di pojok kanan atas.
  • Kemudian pilih Password atau Kata Sandi.
  • Jika sudah, secara otomatis akan muncul email google dan akun lainnya yang tersimpan.
  • Ketik username atau nama email kamu di kolom pencarian.
  • Terakhir, klik ikon mata untuk melihat kata sandi.
  • Selesai
Cara ini juga hanya berlaku pada email yang sebelumnya pernah login dan info masuknya disimpan pada browser tersebut. Jadi pada intinya, cara ini tidak bisa dilakukan jika kamu tidak menyimpan info masuk atau bahkan belum pernah login sama sekali.

3. Cara Melihat Kata Sandi Email di Iphone dan Android


Sama halnya seperti cara melihat kata sandi email di laptop atau komputer, cara satu ini juga bisa kamu coba melalui browser yang pernah dipakai login email atau akun gamil kamu.

Untuk caranya juga sangat mudah, silahkan simak langkah berikut:
  1. Pertama, Buka browser Google Chrome di Android atau Iphone kamu.
  2. Kemudian, klik titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
  3. Selanjutnya, klik Setelan lalu pilih Sandi.
  4. Akan terbuka menu yang menampilkan akun Google dan email lainnya.
  5. Silahkan cari email yang ingin dilihat passwornya melalui pencarian yang tersedia.
  6. Jika sudah muncul, klik ikon mata dan secara otomatis kata sandi akan terlihat.
  7. Selesai
Sama seperti kedua cara diatas, cara satu ini juga hanya berlaku jika kamu pernah login dan menyimpan info masuk di browser tersebut. Jika tidak, maka kamu tidak akan pernah bisa melihat kata sandi email menggunakan cara ini.

Note: Semua cara diatas bisa kamu gunakan untuk melihat kata sandi email apapun, seperti Google, Facebook, Twitter dan lain sebagainya yang info masuknya tersimpan di browser tersebut.


Untuk mencegah supaya kamu tidak lupa password email, sebaiknya simpan alamat email beserta dengan kata sandinya di notepad atau catatan yang ada pada Android atau Laptop kamu. Hal ini juga sangat harus dilakukan jika kamu memiliki akun email lebih dari satu.

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan mengenai cara melihat kata sandi email melalui hp android dan komputer. Semoga penjelasan yang saya sampaikan mudah dipahami dan menjadi salah satu pengetahuan baru untuk kita semua. Terimakasih dan selamat mencoba.