Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Cireng Sederhana, Empuk dan Gurih

Cireng adalah camilan sederhana yang terbuat dari tepung kanji yang di olah dengan terigu serta bahan-bahan lainnya. Hidangan satu ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat tertentu, bahkan menjadi salah satu camilan favorit karena rasanya yang empuk dan gurih.

Dalam bahasa Sunda, cireng ini merupakan sebuah singkatan dari nama tepung kanji yang disatukan dengan nama goreng. Masyarakat sunda sendiri mengenal tepung kanji dengan sebutan aci, sehingga munculah nama cireng yang artinya aci di goreng.

Cara membuat cireng empuk dan gurih terbilang sangat mudah, bahkan proses pengolahan dan memasaknya pun juga cukup simple. Selain itu, bahan-bahan yang diperlukan juga tidak sulit karena tersedia dan bisa dibeli di warung atau pasar terdekat.

Cara Membuat Cireng


Selain cireng biasa, kamu juga bisa membuat cireng isi yang bisa dipadukan dengan beberapa pelengkap tertentu seperti suiran ayam dan potongan sosis. Untuk caranya sendiri juga sangat simple, kamu hanya perlu memasukan isian tersebut kedalam adonan cireng ketika hendak dibentuk.

Rasanya yang khas dan empuk menjadi salah satu hal yang sangat pas ketika dinikmati bersama keluarga. Selain itu, camilan satu ini juga akan lebih menggugah selera ketika dilengkapi dengan pelengkap lainnya seperti bumbu rujak

Nah, bagi kamu yang ingin membuat cireng biasa yang empuk dan gurih namun tidak tahu resep dan cara membuatnya, tidak usah khawatir. Kamu hanya perlu membaca artikel ini sampai selesai, lalu mengikuti langkah-langkah yang sudah saya sediakan di bawah.

Bahan Membuat Cireng

Sebelum ke proses pemasakan, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan semua bahan untuk membuat cireng. Pastikan juga, semua bahan-bahan tersebut sudah tersedia secara kumplit agar tidak memperlambat saat proses pembuatan.

Untuk bahan-bahannya sendiri, simak berikut ini:
  • 250 gr tepung tapioka
  • 200 ml Air
  • 1/2 sdt kaldu ayam
  • 1 batang daun bawang
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdt garam

Bahan untuk Bumbu rujak:
  • 5 buah cabe rawit
  • Air asam jawa
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya
Siapkan semua bahan-bahan diatas dan pastikan semuanya ada tanpa tersisa satu pun. Hal tersebut, supaya tidak mengurangi rasa dan tekstur dari cireng yang kamu buat.

Cara Membuat Cireng Crispy Sederhana

Jika semua bahan sudah tersedia, silahkan siapkan alat-alat dan peralatan memasak yang biasa kamu gunakan. Setelah itu, siilahkan simak cara membuat cireng yang simple dibawah ini.
  1. Pertama, silahkan halsukan bawang putih, lalu campurkan dengan kaldu bubuk dan garam.
  2. Setelah itu tambahkan sebagian tepung tapioka pada bumbu tadi lalu rebus sampai teksturnya berubah seperti lem.
  3. Jika sudah, angkat dan pindahkan ke wadah yang sesuai. Lalu, masukan sisa tepung tadi, kemudian aduk hingga tercampur.
  4. Stelah adonan tercampur rata, silahkan bentuk adonan menjadi bentuk cireng pada umumnya. Ulangi langkah ini sampai adonan habis, lalu masak hingga matang.
  5. Selagi menunggu cireng matang, kamu bisa membuat bumbu rujak dengan cara menghaluskan cabai, garam dan gula, lalu tambahkan air asam jawa.
  6. Jika sudah, angkat cireng yang digoreng tadi, lalu sajikan.
  7. Selesai
Bagaimana, mudag bukan? Untuk mendapatkan rasa yang lebih maksimal, kamu juga bisa menambahkan pelengkap lainnya selain bumbu rujak. Selain itu, kamu juga bisa memasak camilan ini kapan saja untuk hidangan sederhana di rumah.


Jadi itulah tadi cara membuat cireng sederhana yang empuk dan gurih. Semoga artikel ini bermanfaat, dan menjadi pengetahuan baru untuk kita semua. Terimakasih!