Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep dan Cara Membuat Martabak Manis Teflon Spesial

Martabak manis teflon merupakan salah satu makanan yang saat ini sedang populer. Cara membuat serta penyajiannya yang cukup praktis membuat makanan satu ini digemari oleh banyak orang terlebih rasanya yang enak dan bikin nagih.

Resep martabak manis teflon ini terbuat dari bahan-bahan pilihan yang mudah di dapat, yang biasanya dapat dibeli di warung-warung terdekat. Selain itu, cara pembuatannya juga cukup mudah dan bahkan bisa kita buat sendiri di rumah.

Awal mula dari nama martabak ini sebenarnya berasal dari bahasa arab yang artinya terlipat. Sajian ini juga banyak ditemukan di negara tersebut dan diberbagai negara-negara asia tenggara termasuk tanah air tercinta, Indonesia.

Selain martabak manis, tersedia juga martabak telur yang memiliki rasa sangat khas dan enak. Namun jenis martabak satu ini memiliki rasa asin karena terbuat adonan tertentu yang dicampurkan dengan telur serta bahan-bahan pilihan lainnya.

Resep dan Cara Membuat Martabak Teflon

Resep dan Cara Membuat Martabak Manis Teflon Spesial

Banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual martabak manis teflon beserta dengan martabak telur di pinggir jalan atau toko martabak tertentu. Bahkan biasanya, pedagang tersebut menyediakan berbagai jenis serta rasa yang beraneka ragam.

Namun jika kamu kesulitan atau bahkan di daerah kamu tidak ada penjual martabak, tidak usah khawatir karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Kamu hanya perlu menyiapkan semua bahan-bahannya dan mengikuti langkah-langkah cara membuat martabak teflon manis berikut ini.

Bahan-bahan Martabak Manis Teflon

Sebelum ke cara membuatnya, siapkan semua bahan-bahan yang di butuhkan. Kamu bisa membelinya di warung atau pasar terdekat yang ada di daerah kamu.
  • 1 butir telur ayam
  • Garam secukupnya
  • Vanilli bubuk secukupnya
  • 1/2 sdt baking powder
  • 5 sdm tepung terigu
  • Air secukupnya
  • 3 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt soda kue
  • 30 gram susu full cream bubuk
  • Susu kental manis
  • Keju parut atau topping lainnya
  • Margarin atau butter (pilih salah satu sesuai selera)
  • Gula pasir
Catatan: Usahakan semua bahan diatas tersedia dan sesuai dengan yang diperlukan. Sementara untuk toping, silahkan sesuaikan dengan selera masing-masing.

Cara Membuat Martabak Manis Teflon

Setelah bahan-bahan diatas sudah terseida, kini waktunya ke cara membuat martabak manis teflon. Namun sebelum itu, pastikan semua bahan-bahan tersebut sudah kumplit dan sesuai dengan yang dibutuhkan.
  1. Pertama, siapkan wadah dan teflon serta peralatan lainnya.
  2. Ambil telur dan gula, lalu campurkan semua bahan-bahan di atas pada wadah yang sesuai.
  3. Aduk semua campuran tersebut sampai menjadi adonan yang merata, namun pastikan agar adonan tidak terlalu encer atau kental.
  4. Diamkan adonan yang sudah jadi selama satu jam, tutup rapat menggunakan kain.
  5. Jika sudah, buka adonan dan tambahkan soda kue, lalu aduk hingga tercampur merarata.
  6. Panaskan teflon menggunakan api kecil selama 1 atau 2 menit, hingga teflon benar-benar panas.
  7. Setelah itu, tuangkan adonan pada teflon secara perlahan, lalu goyangkan keseluruh teflon hingga terlihat pinggiran yang kering.
  8. Diamkan adonan sejenak sampai terlihat lubang-lubang kecil seperti sarang.
  9. Kemudian, taburi gula pasir diatas martabak, lalu tutup teflon dan biarkan hingga matang.
  10. Setelah martabak matang, ambil lalu sisihkan ke tempat yang bersih atau sesuaikan.
  11. Olesi martabak yang sudah disisihkan tersebut menggunakan margarin atau butter, kemudian tambahkan susu kental manis yang dilanjut dengan toping sesuai selera.
  12. Tutup martabak hingga membentuk setengah lingkaran, lalu potong martabak menjadi beberapa bagian.
  13. Jika sudah, maka martabak teflon manis buatan kamu sudah bisa di nikmati.
  14. Selesai
Bagaimana, mudah bukan? Pastikan semua bahan-bahan dan cara pembuatannya sesuai dengan langkah-langkah di atas. Hal tersebut supaya hasil martabak teflon yang dihasilkan sesuai harapan dan enak ketika dinikmati.


Jadi itulah resep dan cara membuat martabak manis teflon yang bisa kamu coba di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat serta menjadi pengetahuan baru untuk kita semua. Terimakasih, dan selamat mencoba!