Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Bihun Goreng Sederhana yang Enak dan Simple

Bihun goreng adalah salah satu resep masakan sederhana yang sudah populer di Indoensia. Selain rasnya yang enak, cara pembuatannya pun juga cukup simple sehingga sangat cocok untuk hidangan makan siang atau malam keluarga dirumah.

Bahan-bahan untuk membuat bihun goreng ini terbilang mudah didapat, dan biasanya tersedia di warung atau pasar terdekat. Sementara untuk cara pengolahannya sendiri, juga sangat praktis dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Ada beberapa jenis atau variasi yang bisa kamu buat untuk menambah rasa nikmat pada masakan satu ini, dan salah satunya adalah resep bihun goreng kecap bernuansa jadul, yang bisa dipadukan dengan kecap manis atau resep ala restoran lainnya.

Resep Bihun Goreng Enak

Resep Bihun Goreng Sederhana yang Enak dan Praktis

Bagi kamu yang ingin memasak maakan ini sendiri, namun tidak tahu resep dan cara membuatnya, tidak usah khawatir. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah cara membuat bihun goreng pedas yang sudah saya sediakan di bawah.

Namun sebelum ke proses pengolahan, pastikan semua bahan yang diperlukan sudah tersedia. Selain itu, siapkan juga peralatan memasak yang sesuai untuk memasak bihun goreng sederhana ini.

Bahan Bihun Goreng Sedap

Silahkan siapkan semua bahan untuk membuat bihun goreng seperti dibawah ini. Untuk bahannya sendiri, bisa kamu beli di warung atau pasar terdekat yang ada di daerah masing-masing.
  • 250 gram bihun
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt garam
  • 8 jamur kuping kering
  • 50 gram bakso ikan, iris tipis
  • 50 gram bawang bombay
  • 50 gram bakso sapi
  • 1/2 sdt merica putih bubuk
  • 1 butir telur ayam
  • 3 kecap manis
  • 2 bonggol sawi hijau
  • 2 sdm minyak goreng
Sebelum ke tahap pemasakan, olah semua bahan-bahan di atas seperti mengiris bawang, menyeduh bihun sampai lunak, dan lain sebagainya. Jika sudah, silahkan simak cara membuat bihun goreng simple berikut ini.

Cara Membuat Bihun Goreng Sederhana

Jika bahan-bahan diatas sudah diolah, langkah selanjutnya yang harus kamu siapkan adalah, menyiapkan peralatan memasak yang sesuai untuk bihun goreng. Usahakan semua peralatan tersebut dalam keadaan bersih, atau jika tidak sebaiknya cuci terlebih dahulu.
  1. Panaskan minyak menggunakan api sedang.
  2. Kemduian, tumis bumbu halus dan irisan bawang bombai sampai halus.
  3. Setelah itu, masukan bakso sapi, jamur, bakso ikan, dan sawi. Lalu aduk hingga tumisan tercampur rata.
  4. Masukan telur yang sudah di kocok lepas, kemudian masak orak arik.
  5. Selanjutnya, masukan bihun yang sudah direndam dengan air panas.
  6. Masukan juga kecap manis, garam, merica, dan saus tiram. Lalu aduk sampai semuanya tercampur.
  7. Kemudian, koreksi rasa dan masak sampai benar-benar matang.
  8. Jika sudah matang, angkat dan pindahkan ke wadah yang sesuai, lalu sajikan.
  9. Selesai
Bagaimana, mudah bukan? Untuk pelengkapnya, silahkan sesuaikan dengan selera masing masing. Kamu bisa menambahkan beberapa pelengkap lainnya sesuai dengan keinginan sendiri.


Jadi itulah resep bihun goreng enak yang bisa kamu praktikan dengan cara cukup simple. Semoga informasi ini bermanfaat serta menjadi pengetahuan baru untuk kita semua. Terimakasih, dan selamat mencoba!