Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Nasi Goreng Kampung Asli Enak dan Bikin Nagih

Nasi goreng merupakan salah satu hidangan paling populer yang digemari banyak orang. Masakan satu ini dikenal dengan resep dan cara pembuatannya yang berbeda-beda, dan salah satu resep yang paling terkenal dari masakan ini adalah nasi goreng kampung.

Resep nasi goreng kampung sendiri menjadi satu dari beberapa masakan khas jawa yang memiliki rasa berbeda dengan nasi goreng sederhana lainnya. Selain itu, hidangan satu ini berbahan dasar dari sambal ulek yang dipadukan dengan bahan-bahan pilihan lainnya.

Banyak sekali pedagang nasi goreng yang menyediakan masakan ini dengan menu yang bervariasi, misalnya seperti nasi goreng sederhana, nasi goreng spesial, hingga nasi goreng berkelas seperti yang sering dihidangan di hotel-hotel ternama.

Namun meski begitu, sebagian besar penjual nasi goreng yang ada, jarang yang menyediakan menu nasi goreng kampung. Padahal jenis masakan tersebut sangat enak dan tentunya tidak kalah dengan rasa dari nasi goreng pada umumnya.

Resep Nasi Goreng Kampung Enak

Resep Nasi Goreng Kampung Asli Enak dan Praktis

Nasi goreng kampung sangat cocok untuk hidangan keluarga tercinta di rumah. Selain itu, cara pembuatannya yang sangat pas dan praktis membuat masakan satu ini sangat pas hidangkan untuk makan siang dan malam, atau di waktu tertentu ketika kamu merasa lapar.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba memasaknya sendiri di rumah namun tidak tahu dengan resep dan cara membuatnya, silahkan ikuti langkah-langkah cara membuat nasi goreng kampung dengan resep asli dan sederhana berikut ini.

Bahan Masak Nasi Goreng Kampung

Sebelum ke tahap pemasakan, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan bumbu dan bahan untuk nasi goreng kampung. Semua bahan yang diperlukan cukup sederhana, kamu hanya perlu membelinya di warung atau pasar terdekat.

Berikut adalah bahan dan resep nasi goreng kampung yang harus kamu siapkan:
  • 2 Piring nasi putih
  • 2 Butir telu
  • 2 Cabai hijau besar
  • 5 Cabai rawit hijau
  • 5 Siung bawang merah
  • 3 Siung bawang putih
  • 2 helai daun bawang
  • Kaldu jamur secukupnya
  • Kecap asin secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Silahkan siapkan semua bahan tersebut, lalu olah semua bahan yang diperlukan seperti mengocok telur, mengiris bawang, cabai dan lain sebagainya.

Cara Membuat Nasi Goreng Kampung yang Enak

Setelah bahan dan bumbu diatas sudah siap, langkah selanjutnya adalah cara membuat nasi goreng kampung sederhana yang enak dan asli dengan campuran resep yang khas. Namun sebelum itu, siapkan terlebih dahulu peralatan memasak yang biasa kamu gunakan dirumah.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat nasi goreng kampung asli yang enak dan praktis:
  1. Panaskan minyak, lalu masukan telur yang sudah dikocok dan diberi sedikit garam. Aduk dan orak-arik telur hingga hancur, lalu sisihkan.
  2. Tumis bawang cabai rawit atau cawbai hijau, bawang putih, bawang merah dan daun bawang hingga harum.
  3. Setelah itu, masukan nasi putih dan telur orak arik tadi pada tumisan, kemudian aduk hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan kaldu jamur, kecap asin, dan garam sesuai dengan selera. Lalu, aduk kembali sampai semua tercampur rata.
  5. Koreksi rasa, jika ada yang kurang silahkan sesuaikan. Jika sudah, masak sampai matang sembari di aduk-aduk supaya matang merata.
  6. Jika sudah matang, angkat lalu pindahkan ke wadah yang sesuai, dan sajikan.
  7. Selesai
Bagaimana, mudah bukan? Diatas adalah resep nasi goreng kampung tanpa kecap yang memiliki rasa yang khas asli dari kampung. Untuk rasa yang lebih maksimal, silahkan tambahkan pelengkap lainnya seperti kerupuk, irisan mentimun, atau sesuai selera kamu masing-masing.


Jadi itulah resep nasi goreng kampung sederhana yang enak dan mudah dibuat. Semoga artikel ini mudah dipahami, serta menjadi pengetahuan baru yang bermanfaat untuk kita semua.