Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Pepes Ikan Kembung Sederhana Bikin Nagih

Pepes ikan kembung adalah salah satu hidangan terpopuler yang digemari oleh banyank orang di Indonesia. Resep dan bahan-bahan untuk membuat masakan satu ini terbilang sederhana, sehingga sangat cocok menjadi hidangan makan keluarga di rumah.

Sebagian besar masyarakat Indonesia, lebih mengenal ikan pepes sebagai masakan khas sunda. Olahan satu ini juga termasuk salah satu hidangan yang biasanya menjadi menu utama yang selalu di rekomendasikan dirumah makan sunda.

Selain itu, cara pembuatannya yang cukup simple menjadi pilihan banyak orang untuk membuat masakan satu ini sebagai sajian keluarga. Bahkan, pepes ikan kembung ini juga bisa di olah dengan resep yang berbeda-beda yang tentunya di sesuaikan dengan selera masing-masing.

Resep Pepes Ikan Kembung

Resep Pepes Ikan Kembung Sederhana Bikin Nagih

Untuk pepes dari ikan kembung ini bisa di buat dengan resep yang berbeda-beda. Kamu bisa membuatnya maskan satu ini dengan resep khas sunda dan padang, lalu menambahkan irisan cabai untuk menghasilkan rasa pedas yang maksimal.

Selain itu, untuk cara membuatnya pun juga berbeda-berbeda. Biasanya, olahan ikan pepes ini di buat dengan cara di kukus dan ada juga yang di bakar supaya rasa yang dihasilkan lebih nikmat dan berbeda.

Nah, bagi kamu yang ingin membuat masakan ini sendiri di rumah, namun tidak tahu resep dan cara membuatnya. Silahkan simak langkah-langkah cara membuat pepes ikan kembung berikut ini.

Bahan Membuat Pepes Ikan Kembung

Untuk menghasilkan cita rasa yang nikmat dan maksimal, pastikan semua bahan-bahan atau bumbu ikan pepes ini masih segar dan tersedia secara kumlit. Untuk bahan dan bumbunya sendiri, bisa kamu beli di warung atau pasar terdekat.
  • 3 ekor Ikan kembung
  • 8 buah Belimbing wuluh
  • 1 ikat Kemangi
  • 3 batang Sereh
  • Tusuk gigi secukupnya
  • Daun pisang secukupnya
  • 6 buah Cabe merah
  • 8 buah Cabe rawit
  • 12 siung Bawang merah
  • 6 siung Bawang putih 
  • 6 butir Kemiri sangrai
  • 3 cm Lengkuas
  • 3 cm Kunyit
  • 2 sdt Gula pasir
  • Garam secukupnya
Siapkan semua bahan-bahan dan bumbu halus di atas, dan usahan semuanya tersedia dengan kumplit tanpa ada yang kurang sedikitpun. Hal tersebut supaya tidak memperlambat proses pemasakan, dan mengurangi rasa nikmat pada pepes ikan kembung saat disajikan.

Cara Membuat Pepes Ikan Kembung

Sebelum ke proses pemasakan, siapkan peralatan memasak yang sering kamu gunakan dirumah. Setelah itu, olah semua bahan yang perlu di bersihkan lalu ulek bumbu halus sampai benar-benar halus.
  1. Pertama, silahkan ulek bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe kriting, kemiri sangrai, lengkus dan kunyit, tambahkan gula dan garam.
  2. Lumuri ikan kembung yang sudah dibersihkan dengan buumbu halus tersebut, lalu diamkan 10/15 menit sampai bumbu meresap.
  3. Kemudian, ambil daun pisang, lalu masukan klemiri, bumbu halus, belimbing wuluh dan sereh.
  4. Masukan ikan kembug, lalu lumuri lagi bagian atas ikan dengan bumbu halus, kemangi dan belimbing wuluh.
  5. Bungkus pepes menggunakan lidi atau tusuk gigi, sematkan di kedua sisinya sampai benar-benar tertutup.
  6. Kukus ikan pepes yang sudah di bungkus tadi, dan diamkan selama 30 menit atau sampai matang.
  7. Bakar pepes sampai daunnya berwarna kecoklatan, kamu bisa menggunakan pemanggangan atau teflon.
  8. Jika sudah matang, angkat lalu sajikan.
  9. Selesai
Bagaimana, mudah bukan? Pepes ikan kembung ini sangat cocok dihidangkan selagi hangat, dan di nikmati bersama keluarga tercinta. Selain itu, silahkan tambahkan pelengkap lainnya supaya rasa dari masakan satu ini lebih enak serta menggugah selera.


Itulah tadi resep dan cara membuat pepes ikan kembung sederhana dengan pengolahan yang simple dan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi pengetahuan baru untuk kita semua.