Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Perkedel Kentang Sederhana Mudah dan Simple

Perkedel kentang adalah salah satu hidangan paling populer yang sangat cocok untuk pendamping makan. Resep dan cara pengolahannya pun tidak terlalu sulit, karena terbuat dari bahan-bahan sederhana yang mudah didapat.

Bagi kamu yang sedang mencari pelengkap makan yang pas, saya rasa perkedel kentang ini salah satu rekomendasinya. Masakan satu ini juga bisa kamu oleh dengan variasi yang berbeda seperti perkedel kentang padang, kornet, perkedel tahu, dan lain sebagainya.

Rasanya yang khas dan enak menjadi daya tarik banyak orang untuk mencicipinya hidangan sederhana ini. Selain itu, perkedel kentang juga sering disajikan di rumah makan tertentu dan menjadi salah satu pelengkap makan yang paling di rekomendasikan.

Resep Perkedel Kentang Sederhana

Resep Perkedel Kentang Sederhana Mudah dan Simple

Untuk cara membuat perkedel kentang agar tidak hancur terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu mengolah semua bahan-bahannya dengan benar, dan memperaktikan langkah-langkah cara pembuatannya sesuai dengan yang di haruskan.

Nah, bagi kamu yang ingin memasak masakan ini di rumah namun tidak mengetahui resep dan cara membuatnya, tidak usah khawatir. Kamu hanya perlu meniapkan semua bahan yang diperlukan dan mengikuti langkah-langkah yang sudah saya sediakan.

Namun sebelum itu, perhatikan semua bahan-bahan untuk perkedel kentang ini masih segar agar tidak mengurangi rasa saat disajikan. Selain itu, siapkan juga alat-alat memasak dan tempat sesuai yang sering kamu gunakan di rumah.

Bahan Membuat Perkedel Kentang

Siapkan semua bahan-bahan berikut ini dan pastikan tidak ada yang kurang sama sekali. Kamu bisa membeli semua bahan tersebut dengan mudah di warung atau pasar terdekat di daerah masing-masing.
  • 500 gram kentang
  • 2 batang daun seledri
  • 1 butir kuning telur ayam
  • 3 sdm tepung terigu
  • 350 ml minyak goreng
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 lada bubuk
  • 2 sdt kaldu ayam
Sebelumke tahap selanjutnya, silahkan olah beberapa bahan yang harus diolah seperti mengupas dan memotong kentang, bawang merah, bawang putih dan lain sebagainya.

Cara Membuat Perkedel Kentang Agar Tidak Hancur

Jika kamu ingin membuat perkedel agar tidak hancur, caranya sangat mudah. Setelah kamu menyiapkan alat-alat untuk memasak, silahkan ikuti langkah-langkah pembuatannya di bawah ini.
  1. Pertama, kukus kentang yang sudah di kupas dan dipotong. Tunggu sampai matang, lalu angkat dan tiriskan.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, lada bubuk dan kaldu ayam.
  3. Kemudian, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum. Jika sudah, angkat lalu pindahkan pada wadah atau tempat yang sesuai.
  4. Selanjutnya, ambil kentang yang sudah di kukus tadi kedalam tumisan. Lalu, tambahkan kuning telur dan tepung, aduk semuanya sampai benar-benar halus.
  5. Bentuk adonan menggunakan tangan menjadi bulatan pipih, atau sesuai selera.
  6. Setelah semua adonan sudah dibentuk, siapkan penggorengan dan panaskan minyak.
  7. Masukan adonan kedalam minyak panas dengan api sedang, lalu masak sampai kuning kecoklatan atau matang.
  8. Jika sudah matang, angkat lalu sajikan.
  9. Selesai
Bagaimana, mudah bukan? Perkedel kentang ini sangat cocok dihidangkan selagi hangat, dan menjadi pelengkap makan siang atau malam. Dan untuk hasil yang lebih spesial, kamu juga bisa melengkapinya dengan masakan sederhana lainnya.


Demikianlah resep perkedel kentang sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Semoga artikel ini mudah dipahami dan bermanfaat untuk kita semua.