Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Mail Merge di Word Mudah dan Singkat

Halo sobatku, kembali lagi bersama saya admin nuisonk yang setiap hari selalu update membagikan berbagai macam informasi yang tentunya menarik untuk dibahas. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa langkah mengenai Cara Membuat Mail Merge di Word dengan mudah dan singkat serta tidak memerlukan waktu yang lama.

Seperti yang kita ketahui bersama, mail marge merupakan salah satu metode yang sangat praktis untuk membuat sebuah tulisan yang mennggabungkan banyak format yang sama. Untuk membuat mail marge sendiri membutuhkan dua jenis file yang berbeda, dan keduanya bisa dibuat secara terpisah menggunakan Microsoft Excel dan Microsoft Word.

Untuk Microcoft Excel sendiri, berfungsi sebagai media untuk membuat sumber data utama yang nantinya akan dibuat sebagai mail marge. Sedangkan untuk Microsoft Word, berfungsi sebagai alat untuk membuat sebuah naskah seperti isi surat atau template amplop yang nantinya untuk tampilan surat tersebut.

Cara membuat mail merge di Word sendiri merupakan salah satu metode paling mudah yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Dan mail marge ini tentu memiliki manfaat tertentu bagi sebagian pengguna, terutama mereka yang memiliki kesibukan dalam bidang adminitrasi dan sekertaris pada suatu perusahaan.

Ada beberapa manfaat lainnya yang bisa digunakan dari fitur mail marge ini, misalnya saja untuk mempercepat sebuah pekerjaan dan membuat dokumen yang sama dengan nama dan alamat yang berbeda. Selain itu, masih banyak lagi kegunaan lainnya yang tentunya bisa dimanfaatkan untuk mempermudah sebuah pekerjaan.

Cara Membuat Mail Merge di Word

Cara Membuat Mail Merge di Word

Untuk cara membuat mail merge di Word terbilang sangat mudah dan simple. Namun, ada beberapa tahapan utama yang perlu diperhatikan supaya hasil yang dibuat menjadi lebih baik dan berkualitas. Selain itu, terdapat juga tahapan terakhir yang nantinya untuk menyimpan dokumen sekaligus untuk melakukan pencetakan.

Sebelum ke proses pembuatan, pastikan dokumen utama dan sumber data sudah siap. Jika kedua bahan tersebut belum tersedia, silahkan buat terlebih dahulu menggunakan Miscrosoft Excel dan Microsoft Word. Selain itu, pastikan juga semu data sudah benar-benar lengkap dengan isi naskah yang sesuai dengan kebutuhan.

Jika semuanya sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah menuju ke tahap cara Membuat Mail Merge di Word. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak langkah-langkah yang sudah saya siapkan dibawah ini.

Tata Cara Membuat Mail Merge di Word

1. Pada Mailings tab silahkan klik grup Start Mail Merge, lalu klik Start Mail Merge.

2. Buat data source dengan cara membuka grup Start Mail Merge, lalu klik Select Recipients.

3.  Selanjutnya, pilih Use Existing List, temukan letak atau lokasi dokumen pada kotak dialog Select Data Source.

4. Jika sudah, klik Open untuk menampilkan kotak dialog dengan cara Select Table.

5. Setelah itu, klik lembar kerja yang berisi sumber data dan centang pada kotak First row of data contains column headers. Lalu tekan OK.

6. Selanjutnya, tempatkan data pada masing-masing tempat dengan cara menaruh kursor di bawah tulisan. Kemudian klik Insert Merge Field dan pilih Nama pada Mailings tab, grup Write & Insert Fields.

7. Untuk melihat hasilnya, silahkan klik tombol Preview Results. Maka akan cerara otomatis menampilakn sebuah surat yang ditampilkan secara per data.

8. Jika ingin melihat data yang lainnya, silahkan klik tanda panah. Sementara untuk mengubah data, silahkan klik tombol Preview Results lalu lakukan pengubahan pada data yang ingin diubah.


Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan mengenai cara Membuat Mail Merge di Word dengan mudah dan cepat. Semoga penjelasan diatas mudah di pahami serta menjadi pengetahuan baru untuk kita semua. Terimakasih sudah berkunjung, dan selamat mencoba.