Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Perbedaan Channel YouTube Akun Pribadi dan Bisnis

Bagi Anda yang ingin membuat channel YouTube baru pastikan jika Anda sudah menentukan jenis channel apa yang ingin dibuat, karena terdapat dua jenis channel yang bisa dipilih dan kedua jenis tersebut memiliki perbedaannya masing-masing

Seperti yang kita ketahui bersama, YouTube adalah salah satu platform berbagi video yang sudah sangat populer di dunia. Keberadaan platform ini sendiri sudah dikenal oleh banyak orang dari berbagai kalangan, dan menjadi satu dari beberapa media yang cocok digunakan untuk mengisi waktu luang.
 
Selain itu, YouTube juga menyediakan fitur pendaftaran bagi siapa saja yang ingin membuat channel disana. Namun meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diketahui jika Anda ingin membuat atau membangun channel YouTube baru, yakni mengetahui semua pedoman dan persyaratan yang tersedia, dan memilih jenis channel yang ingin digunakan.

Ada dua jenis channel yang tersedia dan bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan masing-masing, yaitu channel YouTube pribadi dan akun bisnis. Dari kedua jenis tersebut tentu memiliki perbedaan yang tentunya memiliki guna tersendiri, baik dalam hal fitur maupun hal-hal lainnya. Jadi pada intinya, Anda harus benar-benar menentukan jenis akun yang tepat sebelum sobat hendak membuatnya.

Inilah Perbedaan Channel YouTube Akun Pribadi dan Bisnis

Perbedaan Channel YouTube Akun Pribadi dan Bisnis

Sebelum membuat channel YouTube, sobat diharuskan untuk membuat akun Google sebgai alamat email untuk login. Untuk cara membuatnya pun terbilang sangat mudah, sobat hanya perlu menuliskan buat akun Google pada kolom pencarian melalui browser yang ada di gadget sobat. Setelah itu, Anda diharuskan untuk memasukan beberapa data yang diperlukan, seperti nama, tanggal lahir, jenis kelamin dan lainnya.

Jika proses pembuatan akun Google sudah selesai, kini Anda sudah bisa mendaftar dan membuat channel baru menggunakan HP, PC. atau gadget lainnya Namun sebelum membuatnya, saya sangat menyarankan Anda untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai perbedaan channel YouTube pribadi dan bisnis agar sobat mengetahui jenis akun apa yang tepat digunakan. Untuk itu, silahkan simak selengkapnya berikut ini.

Jenis Channel Pribadi

Channel pribadi merupakan sebuah channel yang bersifat personal dan hanya bisa digunakan oleh satu pengguna saja. Nama dan foto profil pada channel pribadi biasanya harus sesuai dengan akun Google, atau email yang sebelumnya dibuat untuk login. Selain itu, nama tersebut juga akan sama dengan beberapa layanan Goole lainnya, yakni Playstore, Gmail, dan lain sebagainya.

Untuk channel pribadi ini sangat cocok bagi sobat yang ingin membangun sebuah channel secara personal atau dikembangkan oleh sobat sendiri. Artinya, sobat tidak bisa menautkan atau mengundang pengguna lainnya ke channel tersebut, dan tidak bisa mengganti nama secara bebas karena akan mengikuti nama dari akun Google.

Jenis Channel Merk atau Bisnis

Untuk channel bisnis sendiri merupakan sebuah channel yang bisa digunakan oleh banyak pengguna. Artinya, channel tersebut bisa dikelola oleh beberapa orang dengan peran yang berbeda-beda, yaitu Pemilik, Manager, dan Communications Manager. Namna dan foto profil pada akun merk ini bisa sobat sesuaikan dengan bebas tanpa harus mengikuti nama dari akun Google.

Jenis akun YouTube bisnis sangat cocok digunakan oleh siapa saja yang ingin mengembangkan satu channel oleh beberapa orang. Dengan kata lainnya, jenis channel ini sangat cocok dipilih jika sobat memiliki crew atau grup yang ingin mengelola satu channel secara bersama. Selain itu, dalam hal pemilihan nama channelnya pun juga lebih bebas dan bisa sobat sesuaikan dengan nama yang diinginkan.

Bagaimana, apakah sudah jelas? Itulah tadi informasi yang bisa saya sampaikan mengenai perbedaan channel YouTube akun pribadi dan bisnis. Semoga penjelasan diatas mudah sobat pahami dan menjadi salah satu pengetahuan baru untuk kita semua. Terimakasih sudah berkunjung keblog ini, dan semoga bermanfaat.