Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Abstrak Skripsi Lengkap dan Jelas

Cara membuat abstrak skripsi termasuk salah satu hal sangat penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan penulisannya. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan sebuah penentuan dari karya tulis yang telah dibuat, atau gambaran pada keseluruhan penelitian skripsi yang dibuat.

Abstrak adalah sebuah ringkasan dari isi suatu karya tulis ilmiah yang bisa digunakan sebagai alat bantu untuk pembaca supaya mengerti secara ringkas atau inti dan tujuan seorang penulis. Fungsi abstrak sendiri dapat memberikan sebuah informasi yang lengkap mengenai isi dari sebuah karya ilmiah.

Jika dijabarkan dengan kalimat yang sederhana, fungsi dari abstrak ini adalah untuk mempermudah proses unggah ke sebuah internet dan mempermudah pembaca memahami inti dan ringkas sebuah karya ilmiah. Selain itu, cara membuat abstrak skripsi juga harus dibuat menggunakan kata-kata yang tepat dengan jumlah kata yang bervariasi.

Meski demikian, jumlah kata yang umum digunakan dalam penulisan abstrak skripsi adalah 250 kata. Namun sebagian besar panduan menyarankan antara 150 atau 250 kata, yang lengkap dengan ringkasan untuk laporan. Misalnya saja ringkasan untuk tesis, ringkasan untuk meninjau literatur, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Abstrak Skripsi

Cara Membuat Abstrak Skripsi Lengkap dan Jelas

Sebelum menuju ke langkah-langkah cara membuat abstrak skripsi, ada beberapa hal yang sebelumnya harus sobat ketahui, yaitu mengenai pemahaman pada struktur penulisannya. Selain itu, sobat juga harus membuat struktur penulisan yang benar agar abstrak skripsi tersebut memiliki nilai tambah dan mudah dipahami.

Selain penulisan yang benar, sobat juga harus memperhatikan jenis Fnt dan ukuran pada abstrak skripsi yang dibuat. Biasanya, font yang digunakan untuk membuat abstrak ini menggunakan font new roman dengan spasi yang tepat dan berjarak, serta menggunakan bahasa Indonesia atau Inggris.

Untuk melengkapi cara membuat abstrak skripsi yang baik dan benar, sobat diharuskan untuk memperhatikan ukuran font yang didgunakan dalam pembuatan. Biasanya, ukuran fotn yang umum digunakan dalam pembuatan abstrak skirpsi berukuran 14 yang dilengkapi dengan capital font pada setiap kata tertentu.

Selain itu, sobat juga harus menggunakan judul dan sub judul dengan kata dan ukuran yang sebelumnya sudah sobat sesuaikan. Untuk penggunaan judul dan sub judul ini terbilang snagat penting agar pembuatan abstrak skripsi tersebut menjadi lebih lengkap dan mudah dipahami oleh pembaca.

Nah, buat sobat yang sudah tidak sabar dan ingin mengetahui lebih lengkap mengenai cara membuat abstrak skripsi, silahkan simak langkah-langkah dan beberapa hal yang perlu sobat terapkan pada penjelasan yang sudah saya tulis dibawah ini.

1. Menjelaskan Latar Belakang Masalah Penelitian

Langkah perama yang perlu sobat terapkan agar abstrak skripsi menjadi lebih lengkap adalah menjelaskan latar belakang masalah penelitian. Pada tahap ini, silahkan jelaskan secara singkat apa saja yang melatarbelakangi masalah pada penelitian yang memiliki urgensi atau tujuan tertentu.

2. Menjelaskan Metode yang Digunakan Pada Penelitian

Cara membuat abstrak skripsi yang mudah dan benar selanjutnya, silahkan jelaskan metode penelitian yang terdapat pada abstrak tersebut. Untuk metode penelitian sendiri merupakan sebuah media untuk menyelesaikan permasalahan pada suatu penelitian yang dibuat.

3. Mendeskripsikan Hasil Penelitian

Untuk lengkah selanjutnya, silahkan deskripsikan hasil pebelitian abstrak tersebut secara singkat dan jelas. Pastikan hal yang ingin dijelaskan, sobat isa menggunakan apa saja yang telah didapat saat penelitian. Jadi pada intinya, sobat bisa menjelaskan atau mendeskripsikannya secara umum saja.

4. Menyimpulkan Hasil Penelitian

Kesimpulan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam suatu penelitian. Bisanya, sang peneliti akan menyimpulkan keseluruhan penelitiannya menggunakan beberapa kalimat saja.

5. Buat Kata Kunci di Akhir Paragraf

Untuk langkah yang terakhir dalam hal mengenai cara membuat abstrak skripsi, silahkan buat kata kunci penelitian pada akhir paragraf. Untuk kata kunci sendiri bisa sobat buat dengan mengikuti kata-kata yang ada pada judul penelitian.


Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan mengenai cara membuat abstrak skripsi. Semoga penjelasan diatas mudah sobat pahami dan menjadi pengetahuan baru untuk kita semua. Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini, dan semoga bermanfaat.