Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Diagram Lingkaran di Word dan Excel

Halo sobatku, kembali lagi nih bersama saya admin nuisonk yang setiap hari selalu update berbagi informasi yang menarik untuk di bahas. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi cukup penting mengenai cara membuat diagram lingkaran melalui Microsoft Word dan excel. Jadi untuk mengetahui lebih lengkapnya, yuk langsung saja kita ke pembahasannya.

Seperti yang kita ketahui bersama, Word dan Excel adalah aplikasi dari Microsoft yang sudah sangat populer yang memiliki banyak sekali fungsi serta kegunaannya. Selain untuk membuat hal penting lainnya, aplikasi yang satu ini menjadi salah satu alternatif yang bisa kita manfaatkan sebagai media untuk membuat diagram lingkaran dengan mudah dan cepat.

Cara membuat diagram lingkaran sendiri tidaklah sesulit seperti yang kita bayangkan, namun juga tidak semudah seperti saat kita membalikan kedua telapak tangan. Ada beberapa hal yang sebelumnya perlu kita ketahui sebelum menuju membuatnya, yaitu mempelajari teknik dan langkah-langkah pembuatannya agar proses pembuatan menjadi lebih mudah dan cepat.

Diagram termasuk salah satu bentuk yang sering digunakan untuk menyajikan sebuah data tertentu, misalnya saja seperti dari praktisi dan akademisi. Sementara untuk lingkaran, termasuk satu dari beberapa bentuk umum yang biasanya ada pada konsep sebuah diagram yang bisa digunakan untuk membantu mempermudah memahami perihal bentuk diagram lingkaran.

Cara Membuat Diagram Lingkaran

Cara Membuat Diagram Lingkaran di Word dan Excel

Diagram lingkaran adalah sebuah diagram yang berfungsi untuk mengumpulkan data dalam bentuk lingkaran. Manfaat dari diagram lingkaran ini sendiri untuk memudahkan kita mengetahui perbandingan satu data dengan semua data agar lebih praktis dan mudah dipahami.

Untuk pemapatan data pada diagram lingkaran bisanya terdapat dua jenis yang berbeda-beda, yaitu bentuk Derajat (°) dan bentuk persen (%). Jika data disajikan dalam bentuk derajat, maka nilai 1 lingkaran penuh sama dengan 360°. Namun jika data disajikan dalam bentuk persen, maka nilai 1 lingkaran penuh adalah 100%.

Satu hal paling penting yang harus kita lakukan untuk membuat diagram lingkaran adalah menggunakan data tabel. Artinya, kita harus merubah satuan pada setiap data yang nilainya tersedia pada tabel. Jika sudah, maka langkah yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah menentukan sajian diagram lingkaran dengan satuan derajat atau persen.

Sebelum membuat membuat diagram lingkaran, ada rumus-rumus tertentu yang sebelumnya sangat penting untuk dikethaui. Pembuatan diagram lingkatan dalam bentuk derajat dan persen membutuhkan sebuah perbadingan dari setiap data dan menggunakan rumus perhitungan sudut. Berikut adalah contohnya:
Ruas Sudut = (Nilai data / total data) x 360°
Jika sebuah data akan kita ubah kedalam bentuuk persen, maka data yang nanti akan kita masukan pada diagram lingkaran harus menggunakan rumus seperti dibawah ini:
Nilai persen = (Nilai data/total data) x 100%
Sebagai contoh, berikut ini langkah-langkah yang bisa kita simpulkan dari penjelasan diatas mengenai cara membuat diagram lingkaran:
  • Menentukan hitungan pada keseluruhan data dari nilai tabel
  • Menghitung ukuran sudut untuk setiap bagian data dengan rumus: (Nilai data / total data) x 360°
  • Jika dalam benrtuk persen, maka rumus yang digunakan harus seperti ini: (Nilai data/total data) x 100%. Langkah selanjutnya..
  • Membuat lingkaran dan membaginya menjadi beberapa ruas dengan ukuran dan besar sudutnya harus sesuai dengan data.
Adapun media yang bisa kita manfaatkan untuk membuat diagram lingkaran dengan mudah dan cepat adalah menggunakan Microsoft Word dan Excel. Maka dari itu, berikut simak langkah-langkah sudah saya sajikan dibawah ini.

1. Cara Membuat Diagram Lingkaran di Word

Berikut ini langkah-langkah cara membuat diagram lingkaran melalui Microsoft Word:
  • Buka aplikasi Microsoft Word pada PC atau Laptop.
  • Selanjutnya, silahkan klik menu Insert, lalu pilih Chart.
  • Setelah muncul jendela baru, pilih bagian Pie yang terletak pada sisi kiri lalu pilih modelnya. Tekan Ok, dan secara otomatis muncul jendela Microsoft Excel.
  • Pada tahap ini, silahkan isi tabel dengan data yang sudah disesuaikan. Jika sudah, maka diagram lingkaran sudah terisi secara otomatis di Microsoft Word.
  • Selanjutnya, silahkan close jendela Microsoft Excel, lalu kembali pada diagram lingkaran pada Microsoft Word.
  • Disana, sobat bisa menambahkan beberapa detail untuk melengkapi diagram lingkaran tersebut.
  • Selesai
Perlu sobat ketahui, jika sobat ingin mengubah data, silahkan klik kanan pada area diagram lingkaran, lalu pilih Edit Data. Jika sudah, maka jendela Microsoft Excel akan muncul lagi, dan sobat bisa mengubah atau mengedit data sesuai dengan yang diinginkan.

2. Cara Membuat Diagram Lingkaran di Excel

Sleain mengguinakan Word, sobat juga bisa membuat diagram lingkaran menggunakan Microsoft Excel. Untuk langkah-langkahnya sendiri terbilang sangat mudah, dan bahkan jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan cara diatas. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Pertama, silahkan buka Microsoft Excel di PC atau laptop sobat.
  • Selanjutnya, masukkan data tabel yang akan sobat buat, lalu blok sebagian data data tersebut. (Contoh: Tahun dan Jumlah Produk, maka yang di blok adalah Jumlah Produk)
  • Jika sudah, klik Insert dan dilanjutkan dengan memilih opsi Pie.
  • Pada tahap ini, silahkan edit data tersebut pada diagram yang muncul dengan cara klik kanan pada area diagram, lalu pilih Select Data.
  • Setelah muncul kotak dialog Select Data Source, pilih Edit Horizontal lalu blok Jumlah Produk pada tabel. Lalu tekan Ok.
  • Selesai
Jika sobat rasa masih ada yang kurang lengkap, silahkan tambahkan beberapa detail, misalnya saja seperti data atau tampilan dari diagram lingkaran tersebut.


Bagaimana, mudah bukan? Jadi itulah tadi informasi yang bisa saya sampaikan mengenai cara membuat diagram lingkaran melalui Microsoft Word dan Excel. Semoga langkah-langkah yang saya jelaskan diatas mudah sobat pahami, dan menjadi pengetahuan baru yang bermanfaat. Terimakasih, dan selamat mencoba.