Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Teknik SEO Agar Blog Banyak Pengunjung

Mendaptkan pengunjung blog dengan jumlah yang banyak merupakan salah satu pencapaian yang pastinya didambakan oleh semua blogger. Utamanya bagi blogger pemula seperti saya yang memang ingin sekali memiliki sebuah blog yang berkembang dengan konten-konten yang berkualitas.

Banyak sekali keuntungan yang akan didapat jika kita memiliki blog yang ramai dikunjungi oleh banyak orang. Apalagi, jika konten yang kita tulis memiliki tujuan yang bermanfaat dan bisa memberikan sebuh informasi yang membantu menyelesaikan rasa keingintahuan pembaca.

Namun seperti yang kita ketahui bersama, untuk mencapai agar blog banyak pengunjung termasuk sebuah pencapaian yang memerlukan proses dan kerja keras. Proses yang harus dilakukan pun tentu bukanlah suatu proses yang mudah dilakukan, karena diperlukan beberapa cara tertentu agar kita bisa mencapai semua itu.

Ada beberapa teknik khusus yang biasanya dilakukan oleh para blogger yang sudah ahli dalam bidang menaikan pengunjung blog, yaitu optimasi Search Engine Optimization (SEO). Optimasi seperti ini merupakan salah satu hal paling efektif yang biasanya diterapkan sebagai langkah untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog.

5 Teknik SEO Agar Blog Banyak Pengunjung

Sebagai blogger pemula (termasuk saya), seharusnya terlebih dahulu mengetahui manfaat dan bagaimana cara melakukan optimasi SEO yang baik dan benar. Meskipun secara keseluruhan hal-hal yang berkaitan dengan SEO sangat sulit dipahami dan memiliki teknik-teknik yang sangat banyak.

Dengan melakukan optimasi SEO yang benar, besar kemungkinan blog yang kita kelola akan mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak. Selain itu, setiap konten yang telah kita publikasikan juga akan muncul di Google dan berkesempatan menduduki halaman pertama atau Page One.

Cara Agar Blog Banyak Pengunjung Dengan Optiomasi SEO

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, jika optimasi SEO adalah salah satu cara paling efektif agar blog yang kita kelola mendapatkan banyak pengunjung. Selain itu, banyak juga manfaat lainnya jika kita menerapkan semua optimasi tersebut dengan teknik dan cara-cara yang sesuai.

Bagi seorang blogger pemula seperti saya, melakukan optimasi SEO secara keseluruhan untuk mendatangkan traffic blog secara instan sangatlah tidak mungkin. Sebab, diperlukan sebuah pembelajaran yang mungkin membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menguasai semua ilmu tentang SEO.

Namun meski demikian, ada beberapa teknik Search Engine Optimization dasar yang menurut saya sangat mudah untuk dilakukan. Untuk teknik dasar yang satu ini diterapkan pada setiap konten atau artikel yang nantinya akan kita buat. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai langkah-langkah optimasi SEO untuk blog ini, silahkan simak pada penjelasan yang sudah saya sediakan di bawah ini:

1. Menentukan Topik Penejlasan

Teknik SEO dasar pertama yang menurut saya harus diterapkan agar blog banyak pengunjung adalah menentukan topik atau penjelasan pada artikel yang nantinya akan kita tulis. Pada langkah ini usahakan mencari topik yang memiliki persaingan rendah namun dengan jumlah pencarian yang banyak.

Banyak sekali website yang menyediakan layanan untuk mencari atau mengoptimasi sebuah topik. Jadi, Anda bisa memanfaatkan website tersebut sebagai media untuk mempernudah pencarian topik penjelasan.

2. Memberikan Keyword Pada Artikel

Langkah optimasi SEO kedua yang menurut saya juga sangat penting adalah dengan cara mengoptimasikan penulisan. Caranya pun terbilang sangat mudah, yaitu dengan cara memasukan beberaoa keyword atau kata kunci pada artikel yang akan dibuat.

Perlu Anda ketahui, untuk menanamkan keyword atau kata kunci pada artikel harus disesuikan dan tidak boleh melebihi batas. Artinya, Anda tidak harud menggunakan terlalu banyak kata kunci sebagai perintah ataupun untuk memudahkan mesin pencari merayapi blog Anda.

Saran saya gunakanlah sedikit kata kunci namun memiliki target yang sesuai dengan artikel yang ditulis. Dengan begitu, mesin pencari akan lebih mudah memahami dan merayapi konten tersebut.

3. Optimasi Judul dan URL

Langkah selanjutnya yang perlu Anda terapkan agar blog mendapatkan banyak pengunjung adalah dengan cara melakukan optimasi judul dan URL. Hal ini juga termasi teknik SEO dasar yang bertujuan agar search engine lebih mudah merayapi artikel tersebut.

Pada langkah ini usahakan judul dan URL memiliki persamaan tanpa menbahkan kata kunci yang tidak termasuk dalam judul. Selain itu, URL yang harus disesuaikan pun tidak boleh terlalu panjang atau bahkan melebihi batas maksimum yang direkomendasikan.

Sebagai contoh:
Judul: Cara Agar Blog Mendapatkan Banyak Pengunjung

URL: https://www.blogkamu.com/cara-agar-blog-banyak-pengunjung.html

https://www.blogkamu.com/cara-blog-banyak-pengunjung.html

Jadi pada intinya, silahkan gunakan URL yang benar-benar sesuai dengan judul. Jika judul tersebut terlalu panjang, Anda bisa menghapus beberapa kata yang tidak termasuk kata kunci pada URL tersebut. Dengan begitu, URL yang Anda buat akan menjadi lebih pendek dan terlihat relevan.

4. Menanamkan Internal Link Pada Artikel

Saya rasa Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internal link? Ya, internal link merupakan link yang nantinya kita tautkan dari satu halaman ke halaman lainnya dalam satu blog yang sama. Hanya saja dalam penanaman internal link juga ada aturan dan batas yang harus disesuaikan.

Untuk menggunakan internal link, pastikan link yang akan ditautkan tersebut saling berhubungan dengan konten yang akan ditanam. Hal ini bertujuan agar internal link yang terdapat pada konten tersebut relevan dan sehingga lebih mudah dipahami oleh mesin pencari.

5. Membagikan Artikel

Melalukan share atau membagikan artikel juga termasuk salah satu SEO yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan membagikan artikel, maka kemungkinan besar artikel yang Anda tulis akan mendapat pengunjung yang banyak.

Namun perlu Anda ketahui, dalam upaya membagikan artikel juga ada batas yang harud disesuaikan dan tidak boleh sembarangan. Intinya, bagikanlah artikel tersebut ke sosial media atau lain sebagainya yang sesui dengan konten dalam artikel.

Masih banyak lagi optimasi SEO dasar lainnya yang bisa kita lakukan guna untuk mendapatkan banyak pengunjung pada blog. Dengan melakukan optimasi SEO maka besar kemungkinan blog yang kita kelola bisa mendapatkan pengunjung sesuai dengan yang diharapkan.

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan mengenai teknik SEO dasar agar mendapatkan pengunjung pada blog. Semoga penjelasan diatas mudah Anda pahami dan menjadi salah satu pengetahuan baru yang bermanfaat. Terimakasih dan selamat mencoba.